sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Raja Thailand pecat pengawal kerajaan karena zina

Pemecatan mereka terjadi di tengah gelombang baru pembersihan istana.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Rabu, 30 Okt 2019 17:10 WIB
Raja Thailand pecat pengawal kerajaan karena zina
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 125396
Dirawat 38721
Meninggal 5723
Sembuh 80952

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (67) memecat empat pengawal kerajaan, dua di antaranya karena perzinahan. Pemecatan mereka terjadi di tengah gelombang baru pembersihan istana, tepatnya sepekan setelah sang raja melucuti seluruh gelar selirnya, Sineenat Wongvajirapakdi (34) atas alasan ketidaksetiaan.

Media kerajaan, Royal Gazette, pada Selasa (29/10) malam mengumumkan bahwa Raja Maha Vajiralongkorn memerintahkan pemecatan dua pengawal pria di bagian kamar tidur.

"Mereka telah melakukan tindakan dan perzinaan yang tidak pantas," sebut media itu.

Sementara itu, dua petugas lainnya gagal memenuhi standar pengawal kerajaan dan diberhentikan tanpa kompensasi.

Keluarga Kerajaan Thailand dilindungi oleh UU pencemaran nama baik yang membuat pengawasan tindakan mereka sangat mustahil dilakukan.

Sineenat Wongvajirapakdi sendiri dicabut seluruh gelar kerajaannya tiga bulan setelah ditunjuk sebagai selir kerajaan, peran pertama dalam hampir satu abad di kerajaan terkaya di dunia tersebut.

Dia dituduh tidak loyal dan bertindak menentang pengangkatan Ratu Suthida. Raja Maha Vajiralongkorn menikah dengan Suthida, yang merupakan istri keempatnya, pada awal tahun ini.

Sineenat Wongvajirapakdi belum terlihat di muka publik sejak "pemecatannya".

Sponsored

Setelah Sineenat Wongvajirapakdi, ada juga enam pejabat istana yang dipecat karena dituduh melakukan tindakan yang sangat jahat.

Vajiralongkorn naik takhta pada 2016 setelah kematian ayahnya, Bhumibol Adulyadej. Dia dimahkotai dalam upacara penobatan yang rumit pada Mei.

Sumber : The Guardian

Berita Lainnya