sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rezim Taliban resmi ganti bendera Afghanistan

Di bawah keputusan tersebut, semua lembaga pemerintah di dalam dan luar negeri sekarang harus menggunakan bendera Taliban berwarna putih.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Senin, 21 Mar 2022 15:57 WIB
Rezim Taliban resmi ganti bendera Afghanistan

Rezim Taliban di Afghanistan pada hari Minggu mengeluarkan dekrit yang melarang bendera tiga warna resmi dari pemerintah Afghanistan yang diakui secara internasional (hitam, merah, hijau). Kini Taliban menggantinya dengan bendera berwarna putih dari emirat Islam.

Di bawah keputusan tersebut, semua lembaga pemerintah di dalam dan luar negeri sekarang harus menggunakan bendera Taliban berwarna putih dengan tulisan suci Islam tinta hitam bertuliskan “Tidak ada Tuhan selain Allah, dan Muhammad adalah nabi-Nya,” lapor Kantor Berita Sputnik.

Dekrit tersebut melarang pejabat Taliban untuk tampil di depan umum dengan bendera tiga warna Afghanistan. Perkembangan itu terjadi beberapa minggu setelah Taliban memerintahkan penduduk provinsi Khost di Afghanistan untuk menurunkan bendera nasional Afghanistan dari atap rumah dan kendaraan mereka.

Orang-orang Afghanistan telah meminta Taliban untuk tidak mengganti bendera karena bendera itu bukan milik pemimpin dan faksi, tetapi milik negara, lapor Khaama press.

Sponsored

Terkait bendera baru itu, para pemimpin Imarah Islam telah melakukan upaya ekstensif untuk mencapai pengakuan internasional. Penjabat Menteri Luar Negeri Taliban Amir Khan Muttaqi pada hari Jumat mengatakan bahwa Imarah Islam inklusif dan telah memenuhi semua persyaratan dan harus diakui oleh komunitas internasional.

Tahun lalu, pada bulan Agustus, Taliban berkuasa di Afghanistan dan mendirikan pemerintahan sementara yang dipimpin oleh Mohammad Hasan Akhund, yang pernah menjabat sebagai menteri luar negeri selama pemerintahan pertama Taliban pada akhir 1990-an.

Otoritas baru belum diakui secara internasional meskipun Imarah Islam Afghanistan (nama negara yang digunakan oleh Taliban) dinyatakan dipulihkan pada bulan Desember.

Berita Lainnya
×
tekid