sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Timor Leste mulai bermain dengan China, Ramos-Horta: Aman, Indonesia dan Australia tenang saja!

Timor Timur, juga dikenal sebagai Timor Leste, bertujuan untuk bergabung dengan blok regional Asia Tenggara ASEAN pada tahun 2025.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 29 Sep 2023 13:49 WIB
Timor Leste mulai bermain dengan China, Ramos-Horta: Aman, Indonesia dan Australia tenang saja!

Presiden Jose Ramos-Horta mengatakan Timor Timur belum membahas kerja sama militer dengan Tiongkok dalam peningkatan hubungan diplomatik. Ia juga menambahkan bahwa Australia dan Indonesia dapat “tidur dengan damai” karena negara kepulauan tersebut tidak akan menjadi masalah keamanan bagi negara-negara tetangganya.

Meningkatnya ketegasan Tiongkok dalam upaya membentuk hubungan keamanan dengan negara-negara berkembang yang berdekatan dengan Australia telah menimbulkan peringatan di Canberra, dan perombakan pertahanan Australia baru-baru ini telah memfokuskan kembali pada melindungi wilayah utaranya.

Kerangka Kerja Strategis Komprehensif yang ditandatangani oleh Timor Timur dalam pertemuan antara Perdana Menteri Xanana Gusmao dan Presiden Tiongkok Xi Jinping di Tiongkok pekan lalu mencakup kerja sama pembangunan di bidang pertanian dan infrastruktur, kata peraih Nobel itu dalam wawancara telepon dengan Reuters.

Perjanjian tersebut juga memberikan ruang bagi pendanaan dari Tiongkok termasuk pinjaman pemerintah dan komersial ke Timor Timur, katanya.

“Saat ini kami tidak memiliki satu pun pinjaman dari Tiongkok,” katanya. “Di masa depan kami mungkin akan meminta pinjaman dari Tiongkok… Kami tidak akan menerima pinjaman apa pun yang tidak dapat dikelola dan tidak berkelanjutan dengan pembayaran bunga yang terlalu tinggi.”

Beberapa politisi Australia menyatakan keprihatinannya setelah media pemerintah Tiongkok melaporkan pada hari Sabtu bahwa perjanjian Beijing dengan Timor Timur, sekitar 700 km (450 mil) barat laut Australia, juga mencakup pertukaran militer.

Tiongkok membuat perjanjian keamanan dengan Kepulauan Solomon, 2.000 km (1.200 mil) di timur laut Australia tahun lalu, sehingga meningkatkan kekhawatiran Canberra terhadap ambisi angkatan laut Beijing.

“Tidak pernah dibahas dalam hal kerja sama militer, tidak pernah dibahas, dan pihak Tiongkok juga tidak pernah mengangkat masalah ini,” kata Ramos-Horta.

Sponsored

Timor Timur, juga dikenal sebagai Timor Leste, bertujuan untuk bergabung dengan blok regional Asia Tenggara ASEAN pada tahun 2025 dalam upaya mengurangi tingkat kemiskinan yang tinggi.

“Kami tidak akan pernah memasukkan unsur asing ke Timor Leste yang akan dianggap oleh seluruh anggota ASEAN membahayakan kebijakan netralitas atau perdamaian dan keamanan ASEAN,” katanya.

“Indonesia dan Australia, kita bisa memasukkan Singapura dan Malaysia, mereka adalah negara-negara yang paling dekat dengan kita, selalu bisa tidur dengan damai – Timor Leste tidak akan menjadi gangguan, kekhawatiran dalam hal keamanan.”

Timor memiliki kerja sama keamanan yang luas dengan Australia, yang juga merupakan donor bantuan terbesar bagi negara tersebut, dan Canberra menyediakan penasihat militer dan polisi serta kapal patroli, katanya. “Sejauh ini hanya dengan Australia,” katanya.

Dukungan Tiongkok terutama di bidang infrastruktur termasuk gedung-gedung pemerintah, keuangan, pertanian dan kesehatan, katanya.

Delegasi besar perusahaan Tiongkok tiba di ibu kota Timor Timur, Dili, pada hari Kamis untuk melanjutkan diskusi mengenai potensi investasi dalam proyek minyak dan gas, katanya.

Fokus utama Timor Lorosa'e adalah menyelesaikan perjanjian usaha patungan dengan perusahaan Australia Woodside Energy untuk pengembangan bersama proyek gas Greater Sunrise, katanya.

Timor Lorosa'e berencana untuk mulai memproduksi gas alam dari ladang gas Greater Sunrise sekitar tahun 2030, yang akan sangat penting bagi perekonomian negara kepulauan di Asia Tenggara tersebut.

Australia telah menunjuk seorang utusan untuk mempercepat negosiasi antara Timor Timur dan Woodside; Pemerintahan Gusmao ingin gas disalurkan ke Timor Timur dan bukan Australia.

Ramos-Horta mengatakan ketahanan pangan masih menjadi masalah utama bagi Timor Timur, 22 tahun setelah memperoleh kemerdekaan dari Indonesia, dan memerlukan investasi di bidang irigasi dan jalan, serta memberikan insentif finansial kepada petani agar “memberi makan rakyatnya.” 

Australia, sebagai salah satu negara pertanian paling maju di dunia, harus memberikan dana dan teknologi kepada Dana Internasional untuk Pembangunan Pertanian PBB, bersama dengan negara-negara Eropa dan Amerika Serikat, untuk mengatasi tantangan pertanian yang ditimbulkan oleh perubahan iklim terhadap petani kecil secara global.

“Jika tidak, kita akan menghadapi tragedi kemanusiaan di tahun-tahun mendatang,” katanya.

Pada Global Citizen Festival di New York minggu lalu, Ramos-Horta juga mendukung seruan untuk perjanjian non-proliferasi bahan bakar fosil, yang didukung oleh enam negara Kepulauan Pasifik, yang memberikan tekanan pada Australia sebagai eksportir batu bara utama.

Masyarakat Australia “telah menjadi teman terbaik kami,” tambahnya.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid