sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Usai tinjau Kota Irpin dan rumah sakit Ukraina, Iriana Joko Widodo: Sangat merinding saya melihat

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengunjungi rumah sakit yang berada di pusat kota Kiev tersebut usai meninjau Apartemen Lipky di Kota Irpin.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Kamis, 30 Jun 2022 07:01 WIB
Usai tinjau Kota Irpin dan  rumah sakit Ukraina, Iriana Joko Widodo: Sangat merinding saya melihat

Iriana Joko Widodo adalah satu-satunya ibu negara di dunia yang ikut mendampingi suami mendatangi Ukraina dalam situasi perang. Di Kiev, Iriana mengunjungi rumah sakit dan menemui pasien korban perang, Rabu (29/6). 

"Ini tadi saya sama Bapak Jokowi sedikit membantu untuk rumah sakit untuk korban dari peperangan," ujar Iriana, seperti disiarkan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (29/6).

Dalam kesempatan ini, Iriana berinteraksi dengan sejumlah pasien. Selain berkomunikasi melalui penerjemah, Iriana tampak menunjukkan simpatinya dengan memeluk pasien yang merasa terharu dengan kedatangan Jokowi dan Iriana, dan berterima kasih atas perhatian yang diberikan.

Ibu Iriana Joko Widodo secara simbolis menyerahkan bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan kepada Pusat Ilmiah dan Bedah Endokrin, Transplantasi Organ dan Jaringan Endokrin Ukraina di Kota Kyiv, Rabu, 29 Juni 2022.

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana mengunjungi rumah sakit yang berada di pusat kota Kiev tersebut usai meninjau Apartemen Lipky di Kota Irpin.

"Dengan bismillah saya mendampingi Bapak. Moga-moga peperangan ini segera berakhir karena sangat merinding saya melihat," ungkap Iriana.

Sementara itu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi secara terpisah menjelaskan bahwa rombongan Presiden Jokowi tiba di Kiev pada Rabu 08.50 pagi waktu setempat.  Sejam kemudian, rombongan mengunjungi Irpin 30 km dari kiev meninjau reruntuhan gedung terdampak perang.

Jokowi dan rombongan diterima Walikota Irpin  Alexander Grigorovich Markushin yang menjelaskan mengenai kondisi Irpin di mana 70 persen bangunan rusak. Namun, menurutnya 40 persen warga sudah kembali.

Sponsored

"Kemudian meninjau rumah sakit di mana ibu negara menyerahkan bantuan obat yang diperlukan rumah sakit di Ukraina," ujar Retno.

"Selain bantuan secara simbolik, bantuan juga diberikan melalui Palang Merah Ukraina dan Indonesia menyampaikan komitmen membantu rekonstruksi rumah sakit terdampak perang," imbuh Retno.

Berita Lainnya

, : WIB

Google suntik mati YouTube Go, ada apa?

Minggu, 14 Agst 2022 13:16 WIB

, : WIB

, : WIB
×
tekid