logo alinea.id logo alinea.id

4 tips berpuasa saat terlewat makan sahur

Sahur merupakan aktivitas yang dijalani setiap muslim pada bulan ramadan. Bersantap jelang pagi ini kadang sulit dilakukan karena mengantuk.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Jumat, 10 Mei 2019 00:19 WIB
4 tips berpuasa saat terlewat makan sahur

Sahur merupakan aktivitas yang dijalani setiap muslim pada bulan ramadan. Bersantap jelang pagi ini kadang sulit dilakukan karena dilanda rasa kantuk. 

Akibatnya, tak jarang kita melewati aktivitas ini dan memilih untuk meninggalkan puasa karena khawatir tak kuat menjalani puasa satu hari penuh.

Namun, jika Anda masih tetap ingin berpuasa tanpa sahur, simak empat tips yang bisa Anda lakukan berikut ini.

1. Kuatkan niat berpuasa
Ada baiknya Anda membaca niat berpuasa di malam hari sebelum tidur agar Anda bisa tetap berpuasa meski tertidur saat waktunya sahur. Selain itu, niat yang kuat akan membantu tubuh menjadi lebih kuat dalam menghadapi godaan puasa.

Niat yang kuat juga akan membantu pikiran Anda untuk berpikir positif kalau Anda bisa menjalankan ibadah puasa walaupun tanpa sahur.

2. Menyibukkan diri
Menjalani puasa tanpa sahur bukan berarti Anda hanya bisa bermalas-malasan atau tidur seharian. Tidur saat berpuasa memang mendapatkan pahala, tetapi kalau tidur terlalu lama, kepala Anda akan terasa berat dan pusing.

Sibukkan diri Anda dengan melakukan aktivitas bermanfaat seperti membaca buku, beribadah, atau mengerjakan pekerjaan yang ringan.

3. Tidak melakukan pekerjaan berat
Bekerja sekaligus berpuasa bisa bernilai ibadah. Bagi yang bekerja di ruangan berpendingin, berpuasa tanpa sahur mungkin tidaklah bermasalah karena Anda masih bisa mengatur stamina.

Sponsored

Namun, bagi pekerja proyek di luar ruangan yang harus menghadapi cuaca panas dan pekerjaan berat, membatalkan puasa diperbolehkan jika memang sudah tidak mampu dan takut menzalimi tubuh.

4. Ingatlah manfaat puasa
Ingatlah, berpuasa tidak sekadar menjaga hawa dan nafsu. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat saat berpuasa, seperti melatih kesabaran diri dan bermanfaat dari sisi kesehatan.

Karena itu, jika Anda tak bangun sahur, jangan terburu-buru untuk meninggalkan puasa. Dengan mengingat-ingat manfaat berpuasa, bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk tetap berpuasa.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan saat Anda terlewat aktivitas makan sahur. Meskipun Anda bisa melewati puasa tanpa sahur, sebisa mungkin Anda tak melewati momen sahur ini karena banyak keberkahan di dalamnya. Selamat berpuasa!