sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 resep olahan bayam yang lezat buat buka puasa ala Ayudia

Bayam adalah salah satu contoh sayuran yang bergizi dan harganya juga terjangkau.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Sabtu, 08 Mei 2021 10:18 WIB
5 resep olahan bayam yang lezat buat buka puasa ala Ayudia

Siapa yang memanfaatkan momen Ramadan sebagai titik awal untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat? Mengonsumsi makanan bergizi selama Ramadan sangat bermanfaat karena mendapatkan energi sekaligus mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuhmu.

Makan makanan sehat tidak harus mahal, loh! Salah satunya adalah bayam yang menjadi contoh sayuran bergizi dan harganya juga terjangkau. Ayudia Bing Slamet dalam video terbarunya membagikan 5 resep bayam super enak dan dijamin bikin kamu makin cinta sama sayur ini! 

1. Mac n Cheese dengan Bayam
Tambahkan bayam ke Mac n Cheese yang lezat, kamu dapat menikmati makanan yang super enak dan juga bergizi! Tidak ada yogurt dan keju cheddar di dapur?

Bahan-bahan
- 16 ons makaroni
- 4 cangkir daun bayam muda
- 1 siung bawang putih
- 8 ons keju cheddar dan parmesan parut
- 1 sendok makan minyak zaitun
- ½ sendok teh mustard tumbuk
- ½ sendok teh kunyit
- ½ sendok teh garam
- Lada hitam
- 1 cangkir yogurt

Cara masak:
- Siapkan air mendidih yang sudah ada pada panci dan beri garam. Masak pasta sesuai dengan instruksi atau selera kalian. Siapkan saringan di wastafel dan letakkan daun bayam di saringan. Saat pasta sudah matang, angkat dari api dan tiriskan pasta ke dalam saringan, biarkan air mendidih dari pasta membuat bayam menjadi layu.
- Sementara itu, cincang bawang putih dan parut keju cheddar dan parmesan
- Saat pasta sudah matang, panaskan minyak zaitun dengan api sedang dalam wajan besar. Tambahkan mustard bubuk, kunyit dan bawang putih, tumis selama satu menit hingga bawang putih harum. Tambahkan pasta dan bayam ke dalam wajan dan aduk hingga rata.
- Tambahkan keju cheddar dan parmesan lalu aduk hingga keju meleleh dan tercampur rata. Tambahkan garam dan lada hitam. Angkat pas dari apu dan tambahkan yogurt.
- Sajikan saat masih hangat!

2. Bakso bayam goreng
Bakso goreng yang merupakan favorit semua orang, bisa kita modifikasi dengan tambahan bayam di resep bakso goreng kamu supaya lebih menarik dan tentunya bergizi!

Bahan-bahan
450 gram daging giling
- 300 gram bayam beku cincang
- ½ cangkir bawang bombay cincang
- 4 siung bawang putih, cincang
- 1 butir telur
- ½ sendok makan garam
- ½ sendok makan basil kering
- ¼ sendok makan merica
- ¼ sendok makan oregano

Cara masak:
- Cairkan bayam beku dan peras kelebihan airnya menggunakan kain katun tipis atau tisu. Pastikan untuk benar-benar memeras kelebihan air karena apabila masih tersisa air pada bayam, bakso akan hancur.
- Campurkan daging giling, bayam, bawang bombay, bawang putih, telur, garam, merica, basil, dan oregano dengan tangan sampai tercampur rata.
- Lalu buat bakso dari campuran daging, 4 per porsi ( jadi 16 bakso untuk 4 porsi)
- Goreng bakso dalam wajan hingga warnanya kecoklatan. Sajikan hangat!

Sponsored
Berita Lainnya