sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 tanda kamu terjebak dalam pertemanan toxic yang harus segera ditinggalkan

Pertemanan, juga layaknya hubungan romantis, kadang kala bisa menjadi hubungan yang toxic.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Senin, 29 Nov 2021 12:39 WIB
5 tanda kamu terjebak dalam pertemanan toxic yang harus segera ditinggalkan

Apakah kamu pernah meninggalkan sesi obrolan bersama teman-temanmu di sebuah warung kopi? Pertemanan, juga layaknya hubungan romantis, kadang kala bisa menjadi hubungan yang toxic. Hangout juga seharusnya menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Namun, jika kamu merasakan sebaliknya, bisa jadi kamu terjebak dalam pertemanan yang toxic. Kalau sudah terlanjur, kenali tanda-tanda berikut untuk memastikan apakah kamu terjebak dalam pertemanan toxic seperti dilansir dari Well and Good.

1. Kamu tidak merasa didukung

Teman-teman yang baik harus merasa senang atas keberhasilanmu. Jika kamu bercerita tentang kabar baik, namun teman-temanmu justru menguranginya, berhati-hatilah itu tandanya kamu terindikasi berada pada pertemanan toxic. Seorang psikoterapis dan pemilik Anchor Therapy di Hoboken, New Jersey menyebutkan dalam persahabatan yang sehat, seseorang akan mendorongmu untuk tumbuh dan sukses, tidak iri atau merendahkan.

Obrolan dalam pertemanan juga harus berlangsung dua arah. Persahabatan harus menjadi sistem pendukung antara dua orang. Kamu harus memastikan orang-orang yang dekat dalam hidup ada di sana untuk mendengarkan, mendukung, dan berbagi keberhasilan dan perjuangan mereka juga.

2. Merasa kelelahan secara fisik

Tubuh sebenarnya memiliki banyak informasi tentang betapa nyamannya perasaan kita ketika sedang bersama orang lain. Perhatikan reaksi tubuhmu juga ketika kamu sedang bersama teman dan berpikir untuk menjangkau mereka.

Psikolog Klinis New York, Elizabeth Cohen, menyebutkan jika kamu merasa tegang dan gelisah di waktu-waktu yang seharusnya santai dan optimis, maka kamu perlu berpikir ulang tentang hubungan pertemananmu. Pikirkan pula reaksi fisik dan emosimu ketika nama teman muncul di layar ponsel.

Sponsored

3. Kamu tidak bisa menjadi dirimu sendiri

Tanda lain dari hubungan toxic adalah temanmu tidak mengizinkan kamu menjadi dirimu sendiri dan menemukan versi terbaik dari dirimu. Sebaliknya, mereka mencoba mengubah kepribadian atau penampilanmu dengan apa yang mereka anggap benar. Padahal, seorang teman sejati tidak akan pernah mengubah siapa dirimu, sebaliknya teman-teman adalah sumber inspirasi menjadi versi terbaik dari diri sendiri.

4. Selalu bergosip tentang orang lain

Salah satu hal yang harus diwaspadai terkait hubunganmu adalah bagaimana seorang teman membicarakan orang lain di belakang mereka. Misalnya, jika mereka sering bergosip tentang orang dan membenarkannya dengan alasan peduli. Tanda lainnya adalah seringnya bergosip tentang orang lain namun tampak terlalu kritis, cemburu, dan dominan.

5. Semuanya selalu tentang mereka

Sama seperti hubungan apapun, persahabatan adalah kemitraan dua arah. Tanda lain dari teman toxic adalah bahwa mereka membuat segalanya hanya tentang mereka dan tidak berempati terhadap apa yang menimpamu.

Misalnya, ketika kamu berbicara dengan mereka, mereka mungkin menemukan cara untuk memfokuskan percakapan pada diri mereka sendiri dan pengalaman mereka daripada memberi kamu waktu dan ruang untuk berbagi.

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid