sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

7 manfaat kunyit untuk kesehatan dan berbagai obat-obatan

Kunyit mengandung curcuminoid yang memiliki efek antikanker karena kaya akan antioksidan.

Silvia Nita Nur Aryanti
Silvia Nita Nur Aryanti Jumat, 19 Mar 2021 08:05 WIB
7 manfaat kunyit untuk kesehatan dan berbagai obat-obatan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Tumbuh-tumbuhan sudah digunakan selama bertahun-tahun, untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satunya adalah kunyit. Kunyit tumbuh di negara-negara Asia Selatan, India, dan Indonesia. Kunyit dikenal sebagai bahan yang digunakan untuk membuat bumbu masakan. Kunyit atau curcuma longa adalah tanaman yang terkenal dalam pengobatan inflamasi pada hepar.

Tanaman kunyit ini dapat dijumpai oleh masyarakat luas. Selain itu, tanaman ini mudah didapat dan memiliki harga yang murah. Kunyit memiliki khasiat bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai antipiretik.

Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan dan dijadikan dalam berbagai jenis obat, dirangkum dari beberapa sumber jurnal.

1. Menyembuhkan penyakit sindrome polikistik ovarium
Sindrome polikistik ovarium adalah penyakit yang banyak terjadi pada wanita dan merupakan penyakit endokrin yang heterogen. Penyebab PCOS multifaktorial, di antaranya resistensi insulin, hiperlipidemia, obesitas, genetik dan lingkungan.

Kunyit atau curcuma longa adalah tanaman yang terkenal dalam pengobatan inflamasi pada hepar. Dalam perkembangannya ternyata kunyit tidak hanya berguna dalam pengobatan penyakit pada hepar saja namun juga pada PCOS.

Kunyit mengandung curcuminoid yang memiliki efek antikanker karena kaya akan antioksidan, agen antiinflamasi, hipoglikemik, antibacterial dan antihiperlipidemia. Kunyit sangat baik diabsorbsi di saluran cerna, sehingga sangat baik digunakan peroral. Oleh karena itu kunyit sangat baik digunakan untuk menurunkan gejala PCOS.

2. Kunyit sebagai obat  Antipiretik
Penyakit infeksi terus berkembang dewasa ini. Salah satu gejalanya adalah demam. Demam adalah kenaikan suhu tubuh yang ditandai adanya kenaikan titik ambang regulasi panas hipotalamus.

Demam dapat mengakibatkan komplikasi jika tidak ditangani, maka dari itu perlu penanganan yang baik untuk mengobati demam. Salah satu obat antipiretik yang sering digunakan yaitu parasetamol. Terapi parasetamol dapat menyebabkan efek samping pada saluran cerna dan sistem kardiovaskular.

Sponsored

Sesuai dengan efek sampingnya dalam menurunkan temperatur tubuh, dapat dilakukan pengembangan potensi tanaman berkhasiat obat sebagai terapi obat antipiretik dengan efek samping lebih kecil. Tanaman yang berpotensi sebagai antipiretik adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu tanaman herbal yang potensial sebagai terapi demam. Tanaman herbal ini bisa menjadi terapi alternatif untuk demam. Kunyit mengandung senyawa aktif, yaitu curcumin.

3. Sebagai ramuan sakit gigi
Kunyit dapat digunakan sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan, memiliki efek yang sama dengan fluoride untuk gigi. Dikarenakan adanya kandungan minyak atsiri dan kurkumin di dalamnya, yang dapat meredakan radang pada gusi serta memiliki sifat analgesic alami (Ericka C., dkk, 2014).

Ketika gigi sakit, obat sakit gigi pasti jadi andalan. Ini karena ketika sakit, hanya obat yang akan berfungsi untuk mengobati rasa sakit yang tidak bisa langsung dilakukan pencabutan gigi. Obat alternatif dari tumbuhan alami atau tanaman obat akan sangat baik dan membantu.

4. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh
Selain memiliki aktivitas antibakteri, antiradang, dan antiracun, kunyit juga berpotensi meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Kurkumin, senyawa fenolikalami pada kunyit, bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Berpotensi sebagai pengobatan kanker prostat
Pada penderita kanker, sel-sel kanker menjalar melalui pembuluh darah (metastasis) dan jaringannya menjadi tumor. Angiogenesis juga terjadi, yaitu pertumbuhan pembuluh darah baru yang menyebar ke arah tumor untuk suplai nutriaen, oksigen dan tujuh sirkulasi kotoran. Kurkumin mengobati kanker dengan menghambat laju pertumbuhan pembuluh-pembuluh darah baru tersebut.

6. Melancarkan siklus menstruasi dan mengurangi rasa nyeri
Wanita yang mengalami masalah dengan haid dapat menggunakan kunyit untuk mengatasinya. Efek farmakologis kunyit dapat melancarkan darah dan haid serta mengurangi rasa nyeri haid dan lelah datang bulan.

7. Mengatasi penyakit pikun
Penyakit pikun dapat diperlambat dengan sering mengkonsumsi kunyit dalam makanan. Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit pikut yang terjadi pada usia tua, ketika kapasitas fisik otak berkurang. Beberapa peneliti bahwa manula di Asia yang sering mengonsumsi karena yang mengandung kunyit memiliki daya ingat yang baik dari pada manula dari benua lain.

Berita Lainnya