logo alinea.id logo alinea.id

Agar liburan tak sekadar wacana, berikut tipsnya

Dengan melakukan perencanaan atau persiapan yang matang dan baik, niscaya akan membuat liburan lebih berkesan dan tak terlupakan.

Hermansah
Hermansah Minggu, 17 Mar 2019 15:01 WIB
Agar liburan tak sekadar wacana, berikut tipsnya

Ada kalanya, kita akan mengalami rasa suntuk dan lelah dengan aktivitas keseharian. Rasa jenuh dan penat seakan membuat kita semakin tak semangat untuk melakukan aktivitas.

Untuk mengatasinya, menyegarkan diri dengan cara mengambil cuti untuk berlibur menjadi salah satu cara yang jitu.

Dengan melakukan traveling atau liburan tentunya akan memberikan banyak manfaat, seperti meredakan stres, jenuh, mendapatkan relaksasi sejenak dan lain sebagainya.

Bank Dunia melaporkan biaya yang dikeluarkan untuk leisure tourism spending di Indonesia naik dari US$24,53 miliar pada 2016 menjadi US$27,60 miliar pada 2018. Hal ini dapat membuktikan, melakukan perjalanan atau berlibur telah menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia.

Namun, sering terjadi pada kita juga, jika sudah melakukan perencanaan sebuah perjalanan selalu berakhir menjadi sebuah wacana saja. Tentu Anda pernah mengalami hal serupa, bukan? Traveloka, sebagai perusahaan teknologi di bidang travel dan lifestyle terbesar di Asia Tenggara telah menyediakan tips dalam merencanakan perjalanan agar tak berakhir menjadi sekadar wacana. Berikut daftar tipsnya!

1. Rencanakan dari jauh hari

Tentukan waktu terbaik dalam berlibur atau mengambil cuti. Hal ini dilakukan dikarenakan dalam melakukan pemesanan tiket, jauh sebelum waktu yang direncanakan untuk perjalanan akan jauh lebih hemat. Semakin jauh jarak pembelian dengan tanggal yang diinginkan, maka semakin murah pula harga yang ditawarkan.

Maka dari itu, lakukan pemesanan tiket Anda sedini mungkin. Dengan demikian, akan semakin bersahabat pula harga tiket dengan budget yang sudah kita tentukan.

Sponsored

Selain itu, pemilihan waktu berlibur sebaiknya dipilih sesuai dengan tujuan destinasi Anda. Perlu dicari tahu apakah lokasi tersebut bisa dikunjungi pada waktu Anda dan teman-teman berlibur atau tidak, apakah cuaca atau musim pada waktu tersebut adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tujuan destinasi, di mana saja tempat terbaik di kota atau negara yang akan kita kunjungi, dan masih banyak lainnya.

2. Tentukan destinasi perjalanan

Setelah waktu yang tepat, kini saatnya mencari referensi destinasi wisata terbaik di perjalanan. Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah bertanya pada teman atau kerabat yang pernah mengunjungi destinasi tersebut dan mintalah rekomendasi tempat wisata terbaik untuk dapat dikunjungi nanti.

Jika ingin mencari cara yang lebih mandiri, bisa dengan mudah mencari inspirasi melalui fitur pada aplikasi yang menyediakan pilihan inspirasi.

Pilihan tersebut memberikan traveller berbagai saran dan rekomendasi mengenai hal penting yang wajib diketahui tentang destinasi yang akan dituju oleh para traveller.

3. Atur jadwal pekerjaan Anda

Melakukan perjalanan atau berlibur seharusnya bisa dijalani dengan tenang tanpa adanya beban pikiran dari kantor. Maka dari itu, ketika sudah menentukan waktu liburan setelahnya harus memulai membuat jadwal untuk menyelesaikan pekerjaan sehingga saat hari libur tiba, dapat dengan tenang menikmati perjalanan.

Anda juga bisa diskusikan hal ini kepada atasan dan teman kolega di kantor agar dapat membantu pekerjaan menjadi lebih efektif dan selesai pada waktu yang ditentukan.

4. Gunakan travel insurance

Dalam melakukan perjalanan atau traveling tentunya keselamatan menjadi suatu hal yang penting juga. Dengan menggunakan travel insurance dalam setiap pemesanan tiket perjalanan, terdapat manfaat yang dapat digunakan jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan, seperti kehilangan barang bawaan di bagasi pesawat, dapat segera memberikan klaim, sehingga liburan bisa tetap berjalan dengan lancar dan aman.

5. Mulai menabung

Rencana berlibur yang telah diatur secara teratur dan matang tentu saja tidak cukup, Anda juga harus melakukan perhitungan estimasi biaya di dalamnya. Adanya estimasi biaya akan memicu untuk memulai menabung dan segera mewujudkan rencana liburan yang sudah lama diimpikan.

Nah, dari sejumlah tips jitu dari Traveloka, mulai sekarang Anda sudah bisa katakan tidak pada wacana pada setiap rencana berlibur! Dengan melakukan perencanaan atau persiapan yang matang dan baik, niscaya akan membuat liburan lebih berkesan dan tak terlupakan. Selamat berlibur!