logo alinea.id logo alinea.id

Agenda akhir pekan di Jakarta, nonton karnaval budaya

HUT DKI Jakarta, Pemprov DKI menggelar karnaval dan acara panggung hiburan di Monas.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Jumat, 28 Jun 2019 10:44 WIB
Agenda akhir pekan di Jakarta, nonton karnaval budaya

Anda yang belum punya agenda pada akhir pekan ini pada Minggu (30/6), bisa datang menonton karnaval dan acara panggung hiburan di Monas.

Akan ada 5.000 peserta Jakarnaval bertemakan budaya yang berasal dari: penampilan Komunitas Ondel-ondel, Komunitas Karnaval, Tarian Garapan dan tradisional, Abang None Jakarta, Komunitas Cosplayer, Komunitas Badut Akrobat dan kendaraan mobil hias.

Kegiatan yang didukung Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta dan Kementerian Pariwisata Indonesia ini diharapkan dapat menarik wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Plus, menjadi hiburan warga Jakarta. 

Rute parade dibagi dua yakni: parade dengan berjalan kaki. Rute ini dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Balaikota Jakarta kemudian mengarah ke Jalan MH Thamrin. Selanjutnya berputar di perempatan depan Bangkok Bank untuk kembali ke arah Monas.

Lalu, parade kendaraan hias dimulai dari Silang Merdeka Tenggara melewati depan Balaikota Jakarta. Kemudian, mengarah ke Jl. MH Thamrin dan berakhir di Bundaran HI.

Turut memeriahkan sejumlah musisi Ibu Kota seperti: Krisdayanti, Iwa K, Irma Dharmawangsa dan ADA Band. Panggung hiburan di Monas akan dimulai sejak pukul 19.00 sampai 22.00 WIB.

Sebagai informasi, acara ini berlangsung dari pukul 15.00 sampai 18.00 WIB dan akan dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di tribun depan Balaikota.

Jalan ditutup

Sponsored

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan menutup sejumlah ruas jalan serta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Bundaran HI- Monas yang dilakukan besok (29/6) sampai Minggu (30/6). Penutupan jalan dan rekayasa lalu lintas dilakukan pukul 15.00- 18.00 WIB.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit mengatakan, penutupan jalanan dilakukan karena ada geladi bersih mulai dari Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan yakni: dari Bundaran air mancur BI sampai dengan pertigaan Jalan Merdeka Selatan dengan Jalan Ridwan Rais. 

Rekayasa lalu lintas dilakukan mulai dari arus lalu lintas dari Jalan MI Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Merdeka Selatan diarahkan ke Jalan Merdeka Timur. Kemudian yang akan berputar balik menuju Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan dialihkan ke Jl Merdeka Timur atau Ridwan Rais.

Penutupan jalan yang dilakukan pada hari-H Jakarnaval adalah Jalan Merdeka Selatan sisi utara dan selatan. Kedua ruas jalan MH Thamrin sisi timur sampai dengan bundaran Hotel Indonesia. Selanjutnya, penutupan di ruas jalan Imam Bonjol mulai dari bundaran Hotel Indonesia sampai dengan simpang Jalan Agus Salim.

Atas penutupan ruas jalan, Dishub DKI akan melakukan sejumlah pengalihan arus lalu lintas. Rinciannya: 

1. Arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais yang akan belok kiri menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

2. Arus lalu lintas dari arah Medan Merdeka Barat yang akan menuju bundaran air mancur/Patung Kuda diarahkan agar berputar balik di depan Museum Nasional/Museum Gajah.

3. Arus lalu lintas dari Jalan Imam Bonjol yang akan menuju Bundaran Hotel Indonesia dibelokkan ke Jalan Pamekasan.

4. Pengalihan dilakukan dari Jalan Wahid Hasyim sisi timur akan menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Wahid Hasyim sisi timur. 

5. Rekayasa lalu lintas dilakukan dari Jalan Wahid Hasyim sisi timur yang akan menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Wahid Hasyim sisi barat.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih sisi barat yang akan menuju Jalan MH Thamrin atau menuju Jalan Kebon Sirih sisi timur.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Kebon Sirih sisi timur yang akan menuju Jalan MH Thamrin menuju Jalan Kebon Sirih sisi barat dan terakhir arus lalu lintas dari Jalan Budi Kemuliaan yang akan menuju Jalan MH Thamrin.

"Semua dilakukan penutupan jalan secara situasional," kata Sigit.

Adapun untuk warga pengunjung Jakarnaval, Pemprov DKI menyediakan lokasi parkir kendaraan bermotor di empat tempat yakni Park and Ride Thamrin 10, IRTI Monas, Plaza Mandiri, dan Jalan Imam Bonjol.