sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Air putih efektif bantu turunkan berat badan

Air putih yang bersih dan sehat berfungsi efektif menunda rasa lapar.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Sabtu, 02 Nov 2019 18:33 WIB
Air putih efektif bantu turunkan berat badan

Jika Anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan, jangan lupakan pentingnya jumlah asupan air putih. Pakar kesehatan dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr dr Diana Sunardi, mengungkapkan, kuantitas konsumsi air putih dalam jumlah cukup banyak diperlukan agar diet menjadi lebih efektif.

“Saat merasa sangat lapar, cobalah meminum air putih terlebih dulu. Maka rasa lapar akan menjadi berkurang karena lambung kita terisi dengan air putih,” kata Diana, dijumpai seusai acara peluncuran “Jelajah Kebaikan Aqua”, di Jakarta, Jumat (1/11).

Diana yang juga Ketua Perhimpunan Indonesian Hydration Working Group itu menjelaskan, air putih membantu memperlancar metabolisme dalam tubuh dan melarutkan makanan. Akibatnya, orang yang mengonsumsi air putih dengan teratur dan dalam porsi cukup, cenderung lebih sehat. Dia mengingatkan, porsi ideal bagi orang dewasa ialah minimal delapan gelas air putih dalam sehari.

Terlebih pada sebagian orang yang sedang melakukan diet, air putih yang bersih dan sehat berfungsi efektif menunda rasa lapar. Hal itu terutama juga relevan bagi orang dengan kebiasaan mengemil di jeda waktu-waktu tertentu.

Diana memisalkan, meminum segelas air putih bisa menahan rasa lapar, juga keinginan untuk mengunyah camilan. Dengan meminum air putih, bisa mengurangi asupan sekitar 200 kalori yang terkandung dari selapis makanan ringan pisang goreng.

“Satu gelas air putih saja sudah bisa menunda dan menurunkan selera makan kita hingga saat jam makan siang,” katanya menambahkan.

Setelah lambung terasa cukup terisi dengan air, kata dia, saat makan dalam porsi besar kita akan dapat mengontrol selera dan perilaku makan.

“Makannya bisa lebih pelan-pelan, asupan makanan yang masuk juga berkurang dan lebih terkontrol,” ucap dia.

Sponsored