sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Aplikasi akuntansi keuangan recommended untuk bisnis

Kehadiran aplikasi akuntansi bisa meringankan pekerjaan dari para pengelola keuangan.

Tim copywriter
Tim copywriter Senin, 13 Sep 2021 18:12 WIB
Aplikasi akuntansi keuangan recommended untuk bisnis

Aplikasi akuntansi keuangan menjadi salah satu perangkat yang sangat penting dalam urusan keuangan, khususnya pada perusahaan atau bisnis usaha kecil dan menengah (UKM). Kehadiran aplikasi akuntansi ini bisa meringankan pekerjaan dari para pengelola keuangan dalam melakukan pembukuan keuangan bisnis dan perusahaan.

Apa itu aplikasi akuntansi keuangan?

Berbicara tentang aplikasi akuntansi, mungkin sudah tidak sedikit masyarakat yang mengetahui dan menggunakan aplikasi keuangan ini. Aplikasi akuntansi keuangan dihadirkan oleh para profesional akuntansi dalam rangka mempermudah kegiatan pembukuan keuangan bisnis dan perusahaan yang terbilang rumit.

Kehadiran aplikasi ini tentu sejalan dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan semakin banyaknya jumlah bisnis dan perusahaan yang ada. Aplikasi akuntansi keuangan merupakan perangkat lunak yang dirancang khusus dengan fitur-fitur canggih untuk mempermudah pembukuan keuangan.

Pembukuan keuangan secara manual tentu membutuhkan waktu yang lama, biaya operasional tinggi, dan rawan kekeliruan input data. Namun dengan adanya aplikasi akuntansi, semua aktivitas pembukuan bisa jadi lebih baik dan cepat.

Pentingnya aplikasi akuntansi keuangan

Aplikasi akuntansi memiliki peran yang cukup penting dalam pelaksanaan kegiatan pembukuan keuangan bisnis UKM dan perusahaan. Secara umum, aplikasi akuntansi memiliki 2 fungsi utama, yakni fungsi historical/stewardship dan fungsi manajerial.

Dalam fungsi historical, aplikasi akuntansi mampu menghubungkan transaksi masa lalu, catatan akuntansi, laporan, dan data lainnya dengan data terkini. Sistem penyimpanan data berjalan otomatis dan permanen, sehingga data transaksi sebelumnya tersimpan baik dan bisa diambil kapanpun jika dibutuhkan.

Sponsored

Aplikasi ini juga berfungsi untuk melakukan perhitungan data keuangan bisnis dan pembuatan laporan keuangan. Kemudian pada fungsi manajerial, aplikasi akuntansi bisa berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja staf manajerial dan memfasilitasi perencanaan bisnis.

Rekomendasi aplikasi akuntansi keuangan UKM dan perusahaan

Karena semakin banyak diminati, jumlah aplikasi akuntansi sudah semakin banyak dan jenis serta fitur yang ditawarkan pun beragam. Berdasarkan aplikasi-aplikasi yang sudah ada, Anda bisa memilih untuk menggunakan aplikasi online/offline dan gratis/berbayar.

Namun jika ingin menggunakan aplikasi dengan fitur lengkap dalam waktu lama, Anda disarankan untuk memakai aplikasi berbayar. Supaya tidak bingung dalam memilih, berikut beberapa aplikasi akuntansi yang recommended untuk digunakan mengelola keuangan bisnis:

Jurnal.id

Jurnal.id merupakan salah satu aplikasi akuntansi keuangan terbaik yang ada di dunia. Anda bisa menemukan banyak sekali fitur menarik yang ada di dalamnya. Kebanyakan, aplikasi ini digunakan untuk mengelola manajemen keuangan pada berbagai jenis perusahaan dengan skala yang besar.

Tentunya aplikasi Jurnal.id mampu untuk membantu pebisnis dalam mengelola manajemen keuangan menjadi lebih mudah, efisien, serta lebih optimal. Aplikasi ini hadir dengan serangkaian fitur unggulan yang tentunya dapat mendukung untuk mengelola proses keuangan, operasional toko hingga pembukuan perusahaan menjadi lebih efisien.

Di samping itu, penggunaan perangkat lunak ini, bisa diakses secara real time. Sehingga, Anda bisa memperoleh berbagai data-data perusahaan sesuai dengan transaksi sesungguhnya.

Pada saat adanya pembaruan data oleh sistem, aplikasi ini akan secara otomatis melakukan pembaruan data yang telah masuk maupun keluar. Oleh sebab itu, aplikasi ini bisa mengontrol segala proses pembukuan secara langsung serta dapat digunakan kapanpun.

Terlebih lagi, Anda bisa menggunakan aplikasi ini di dalam berbagai macam perangkat, baik itu di dalam perangkat telepon ataupun di dalam PC. Anda bisa menyesuaikannya dengan keinginan serta kebutuhan yang ada di dalam perusahaan.

Sebagai seorang pemula, Anda tidak perlu khawatir jika di dalam proses penggunaannya terlihat cukup sulit. Pasalnya, Jurnal.id memberikan banyak sekali kemudahan pada saat proses penggunaannya.

sebagai pemula, Anda bisa saja menggunakan aplikasi ini untuk mengelola manajemen keuangan perusahaan. Dengan bentuk tampilan sangat menarik yang mampu untuk membuat proses pembukuan menjadi lebih tertata dengan baik.

MYOB Accounting

Mind Your Own Business atau yang biasa dikenal dengan singkatan MYOB merupakan salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengelola manajemen keuangan. Proses pengelolaan yang dimiliki aplikasi ini bisa dilakukan dengan cara memasukkan transaksi melalui media formulir.

Untuk bisa mendapatkan formulir tersebut, Anda bisa memilih opsi command centre. Di samping itu, MYOB Accounting dapat melakukan proses data secara otomatis, cepat, tepat dan sangat akurat tentunya.

Proses pengelolaan data ini dapat dilakukan dengan metode pencatatan transaksi yang diakhiri dengan laporan keuangan yang telah dikelola dengan baik oleh aplikasi ini.

Sehingga, aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi pengelola manajemen keuangan yang sangat cocok untuk diterapkan di dalam berbagai bidang usaha. Seperti halnya dengan jenis perusahaan industri, perusahaan dagang atau bahkan dalam bidang pertanian.

TurboCash

Rekomendasi aplikasi keuangan yang lainnya yaitu bernama TurboCash. Aplikasi ini dapat digunakan secara gratis oleh seluruh pebisnis baik itu pebisnis lama maupun pemula. TurboCash terbagi menjadi dua jenis aplikasi, diantaranya yaitu TurboCash4 dan TurboCash5.

Perbedaan yang dimiliki oleh kedua jenis ini yaitu ada fitur yang dimilikinya. TurboCash4 dapat digunakan secara gratis namun fitur yang dimiliki cukup terbatas. Sedangkan TurboCash5 merupakan aplikasi versi berbayar yang menyuguhkan banyak fitur menarik yang beragam.

Pada saat menggunakan aplikasi ini, Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam fitur menarik yang menjadi unggulannya. Misalnya dengan akses control, multi guna, report and analysis, invoice dan masih banyak yang lainnya.

EQUIP

EQUIP merupakan salah satu jenis aplikasi akuntansi keuangan yang sengaja dirancang khusus oleh Singapura. Aplikasi ini mempunyai banyak sekali peminat dengan berbagai macam kategori perusahaan yang dikelola. Hal ini dikarenakan fitur unggulan yang dibawanya yaitu multi user management yang sangat menguntungkan.

Dalam artian, aplikasi ini bisa digunakan dengan jumlah pengguna yang tidak terbatas. Sehingga, pada proses pengelolaannya akan mudah untuk bisa dikonfigurasikan. Keberadaan perangkat lunak ini mampu menghasilkan laporan keuangan serta pembukuan yang sangat komprehensif.

Tidak hanya itu, EQUIP telah berjalan dengan basis cloud dan sangat ramah untuk digunakan oleh siapapun. Pastinya, aplikasi ini akan sangat mudah untuk bisa digunakan dan dapat diakses dimanapun, kapanpun sesuai dengan keinginan Anda.

Simply Accounting

Rekomendasi selanjutnya yaitu Simply Accounting. Aplikasi ini merupakan salah satu perangkat lunak yang mampu mengelola manajemen keuangan didalam perusahaan untuk bisa berjalan dengan optimal. Aplikasi ini tergolong ke dalam salah satu jenis yang paling mudah untuk bisa digunakan oleh siapa saja.

Dengan dilengkapi fitur yang sangat lengkap serta ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau. Berbagai macam fitur unggulan yang dimiliki ini bisa membuat segala bentuk laporan keuangan menjadi lebih komprehensif lagi. Tidak hanya itu, aplikasi ini khusus dirancang yang telah didasarkan dengan pemikiran akuntan.

Tujuannya yaitu untuk bisa memudahkan pekerjaan para akuntan perusahaan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Di samping itu, hasil yang diberikan juga cukup memuaskan. Pasalnya, dengan menggunakan Simply Accounting akan sangat kecil kemungkinannya untuk bisa terjadi kesalahan pada saat proses pelaporan.

Keunggulan lain yang dimiliki yaitu terdapat fitur konsultasi yang bisa dilakukan secara online melalui chatting, email, forum hingga telepon.

Dengan ini, Anda akan lebih mudah untuk bisa menanyakan terkait dengan penggunaan aplikasi akuntansi ini. Untuk harga yang ditawarkan juga sangat ramah dikantong, tentunya akan sangat lebih terjangkau dibandingkan dengan berbagai jenis software yang lainnya.

Quickbooks

Yang terakhir yaitu aplikasi Quickbooks. Aplikasi ini sudah cukup terkenal di kalangan pebisnis perusahaan dengan skala besar. Quickbooks merupakan salah satu perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membantu pebisnis untuk bisa mengelola proses pembukuan keuangan.

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, manajemen keuangan perusahaan bisa menjadi lebih mudah dan cepat. Sehingga, pebisnis akan jauh lebih banyak untuk menghemat waktu dalam proses pembukuan keuangan.

Mengingat bahwa proses pengelolaan manajemen keuangan ini cukup membutuhkan waktu yang sangat lama jika dilakukan secara manual. Tidak hanya itu, Quickbooks mampu membuat faktur penjualan yang dilengkapi dengan lampiran foto pada suatu transaksi yang telah berlangsung.

Nantinya, data-data yang diperoleh akan digunakan untuk membuat laporan serta pembukuan keuangan. Dengan fitur ini, perusahaan tidak perlu untuk melakukan penginputan data secara manual.

Oleh sebab itu, aplikasi ini sangat berfungsi dengan baik dalam mengelola seluruh transaksi hingga pelaporan keuangan yang ada pada perusahaan. Penggunaan dari aplikasi ini juga tidak terbatas, baik jenis usaha skala besar atau menengah pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Manfaat aplikasi akuntansi keuangan

Jika dilihat dari fungsinya, aplikasi akuntansi tentu juga bisa memberikan banyak manfaat, yang tentunya menguntungkan bagi pengelolaan keuangan bisnis. Manfaat yang pertama adalah mampu menghemat waktu, tenaga, dan biaya operasional saat kegiatan pembukuan.

Proses pembukuan melalui aplikasi cenderung lebih hemat biaya operasional, waktu, dan tenaga, karena prosesnya berjalan secara online di smartphone. Anda juga tidak perlu menyewa banyak asisten pengelola keuangan karena semua bisa dikelola dengan cepat dan otomatis melalui aplikasi.

Karena sistemnya yang berjalan otomatis, kekeliruan saat perhitungan dan input data bisa diminimalisir, sehingga laporan yang dibuat lebih akurat. Selain itu, aplikasi akuntansi juga menyajikan data akurat yang bisa membantu Anda dalam membuat keputusan bisnis.

Aplikasi pembukuan keuangan bisa menyimpan data secara otomatis dan permanen, sehingga data keuangan bisnis tetap terjaga. Bagi pemilik bisnis, aplikasi ini bisa membantunya untuk mengakses informasi keuangan perusahaan secara realtime dengan mudah.

Tips memilih aplikasi akuntansi keuangan terbaik

Saat memilih aplikasi akuntansi terbaik untuk digunakan, Anda perlu memperhatikan beberapa hal penting supaya kegiatan pembukuan bisa berjalan lancar. Pastikan aplikasi yang dipilih mudah diakses atau user friendly, sehingga cocok digunakan oleh siapa saja, termasuk pemula.

Selanjutnya pilih aplikasi yang menjamin keamanan data supaya menghindari pembobolan data yang merugikan bisnis Anda. Aplikasi juga harus memiliki fitur back up data untuk mempermudah ekspor impor data juga dukungan dari vendor itu sendiri.

Dukungan vendor yang dimaksud adalah, aplikasi memiliki layanan customer support 24 jam yang memungkinkan Anda untuk mendapat bantuan. Jika aplikasi memiliki customer support yang kuat, maka Anda tidak perlu khawatir jika mengalami kendala, langsung saja hubungi pihak CS.

Setelah ini, silahkan mulai mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi akuntansi keuangan supaya mempermudah proses perhitungan data dan pembuatan laporan keuangan. Pilih jenis aplikasi dengan fitur lengkap yang harganya sesuai dengan budget yang tersedia dan kelengkapan fitur yang dimiliki.

Berita Lainnya