sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak

Penelitian menunjukkan anak yang rendah diri memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecemasan dan depresi.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Sabtu, 26 Sep 2020 20:59 WIB
Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 377.541
Dirawat 63.576
Meninggal 12.959
Sembuh 301.006

Percaya diri menjadi salah satu faktor penting dalam tumbuh kembang anak.

Dikutip dari Boldsky, percaya diri dapat membantu anak dalam mengatasi kesalahannya, serta mencoba bangkit lagi ketika gagal untuk pertama kalinya. Selain itu juga membantu anak mengenali dan menghargai kemampuan serta kekuatan yang mereka miliki.

Tak hanya itu, anak yang memiliki kepercayaan diri akan sanggup menghadapi tekanan, mulai dari pertemanan hingga tantangan dalam kehidupan. Tingkat rasa percaya diri seorang anak yang sehat adalah ketika mereka nyaman dengan dirinya sendiri, bangga dengan yang mereka lakukan, serta selalu berpikiran positif.

Penelitian menunjukkan anak yang rendah diri memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami kecemasan dan depresi. Namun jangan khawatir, menumbuhkan rasa kepercayaan diri pada anak bisa dilakukan sejak dini. 

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk membangun kepercayaan diri anak agar dapat menghadapi tantangannya sendiri:

1. Berbicara secara positif 

Kegagalan dapat menimbulkan perasaan negatif yang menyebabkan sang anak ragu akan dirinya sendiri, hal ini tentu dapat menurunkan rasa percaya dirinya. Penting bagi orang tua mengajarkan anak untuk menerima dan memahami bahwa kegagalan adalah bagian dari kehidupan dan diharapkan sang anak dapat menggunakan pengalaman tersebut untuk belajar lebih baik dari sebelumnya. Jadi, orang tua harus menegaskan kepada mereka bahwa pemikiran positif dapat membantu mengubah pola pikir mereka.

2. Tunjukkan cinta tanpa syarat

Sponsored

Dicintai dengan rasa aman dapat membantu rasa percaya diri semakin meningkat. Menunjukkan cinta tanpa syarat berarti memberikan perasaan hangat, aman, dan membuat mereka nyaman dengan dirinya sendiri. Cintai anak Anda meskipun mereka membuat kesalahan atau keputusan yang buruk dan hindari mengkritik mereka.

3. Jadilah panutan yang baik

Tanpa disadari, seorang anak adalah duplikat terbaik dari orang tuanya. Mereka terus memperhatikan orang tua dalam menjalani hidup, menghadapi kegagalan, dan mendapatkan kesuksesan. Ketika orang tua melakukan tugas mereka dengan penuh percaya diri dan bangga dengan apapun yang mereka kerjakan, maka anak-anak tentu melihat hal tersebut dan melakukan hal yang sama.

4. Puji usaha mereka

Apapun yang dilakukan sang anak, puji upaya mereka, kerja keras, dan kemajuannya dibandingkan hanya berfokus pada hasilnya. Contohnya, ketika anak Anda sedang mengerjakan sebuah proyek, beri dukungan dan hargai mereka. Dengan begitu, Anda sudah memberikan dorongan dan membantu meningkatkan kepercayaan diri mereka.

5. Jangan bandingkan anak Anda dengan orang lain

Hindari membandingkan anak Anda dengan temannya, kakak atau adiknya. Hal ini membuat rasa percaya diri mereka berkurang dan meningkatkan stres kepada sang anak.

6. Beri anak Anda tanggung jawab

Beri rasa tanggung jawab sesuai dengan usianya. Contohnya dengan memberikan beberapa pekerjaan rumah tangga karena itu akan memberikan pencapaian. Puji dan hargai upaya mereka dalam melakukan pekerjaan tersebut. Jika ada kesalahan, beri tahu mereka agar tidak mengulanginya dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini sangat membantu mereka dalam membangun rasa percaya diri dan meningkatkan kemampuan dalam melakukan pekerjaan yang lain.

Berita Lainnya