sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Di usia senja David Copperfield dijerat rangkaian kasus seks pada akhir 1980 - 2014

David Copperfield membantah tuduhan pelecehan seksual dan pelanggaran, yang diterbitkan dalam laporan pada hari Rabu dari The Guardian itu.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Minggu, 19 Mei 2024 11:37 WIB
Di usia senja David Copperfield dijerat rangkaian kasus seks pada akhir 1980 - 2014

Pesulap yang populer di era 90-an David Copperfield kembali muncul ke media setelah lama tak terdengar kabarnya. Namun, ia kembali mendapat sorotan bukan karena trik sulapnya, namun skandal pelecehan seksual yang menyeretnya.

Paparan The Guardian menyebutkan sebanyak 16 wanita menuduh Copperfield melakukan pelecehan atau penyerangan seksual. Beberapa penuduh yang termasuk dalam artikel tersebut mengatakan bahwa mereka masih di bawah umur pada saat dugaan insiden tersebut terjadi. Seorang wanita menuduh dia dan temannya dibius sebelum Copperfield melakukan hubungan seks dengan mereka tanpa persetujuan mereka.

Artikel tersebut menampilkan pernyataan dari beberapa perempuan yang sebelumnya telah menyampaikan tuduhan mereka kepada publik, sementara yang lain baru pertama kali mengumumkannya kepada publik melalui wawancara dengan publikasi tersebut.

“Tuduhan tersebut berlangsung selama empat dekade – dari akhir tahun 1980an hingga 2014,” kata The Guardian. “Lebih dari separuh perempuan ini mengatakan bahwa mereka berusia di bawah 18 tahun pada saat dugaan insiden tersebut terjadi.” Dari mereka yang mengatakan bahwa mereka masih di bawah umur, dua orang mengatakan bahwa mereka berusia 15 tahun pada saat itu.

David Copperfield membantah tuduhan pelecehan seksual dan pelanggaran, yang diterbitkan dalam laporan pada hari Rabu dari The Guardian itu.

Dalam email yang dikirim ke CNN pada hari Rabu, perwakilan Copperfield mengatakan, “sebagian besar tuduhan bersejarah ini telah dibuat sebelumnya, dan semuanya sama salahnya saat ini dan dulu.”

“Setiap orang yang mengenal David Copperfield akan memberi tahu Anda bahwa tuduhan baru-baru ini dari sebuah surat kabar adalah kebalikan dari siapa David sebenarnya. Faktanya, David memiliki catatan mempertaruhkan kariernya untuk membantu melindungi perempuan dari predator yang kuat,” bunyi pernyataan perwakilan Copperfield. “David meminta ‘bukti’ yang menjadi dasar tuduhan palsu ini dan hal ini belum diberikan.”

Pada hari Kamis, The Guardian menerbitkan artikel kedua yang merinci tuduhan dari lima wanita lainnya, yang semuanya mengatakan mereka bertemu Copperfield saat mereka berkompetisi dalam kontes modeling. Salah satu mantan kontestan menuduh Copperfield membius dan melakukan pelecehan seksual terhadapnya beberapa bulan setelah kompetisi. "Saat dia berusia 17 tahun," kata artikel itu.

Sponsored

CNN yang menurunkan laporan ini tidak dapat mengkonfirmasi secara independen laporan tersebut, beberapa di antaranya berasal dari wanita yang tidak disebutkan namanya. Pada saat publikasi, CNN tidak mengetahui adanya penyelidikan hukum yang melibatkan Copperfield atau tuntutan pidana yang diajukan terhadapnya sehubungan dengan tuduhan ini.

“Karakterisasi The Guardian bukanlah siapa David,” kata perwakilan Copperfield, menyebut tuduhan tersebut “salah dan keji.”

Saat dihubungi oleh CNN untuk menanggapi pernyataan perwakilan Copperfield, Matt Mittenthal, kepala komunikasi The Guardian AS, mengatakan, “Laporan The Guardian berbicara sendiri dan terus berlanjut.”

Perwakilan Copperfield belum menjawab permintaan komentar CNN mengenai laporan Guardian yang diterbitkan pada hari Kamis.

Sumber : CNN

Berita Lainnya
×
tekid