sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hari Buku Nasional 2021: 5 aplikasi baca buku gratis, cek di sini

Hari Buku Nasional 2021 diperingati di tengah pandemi. Memiliki ebook merupakan alternatif untuk tetap bisa membaca dengan aman dan nyaman.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Senin, 17 Mei 2021 12:26 WIB
Hari Buku Nasional 2021: 5 aplikasi baca buku gratis, cek di sini

Mantan Menteri Pendidikan Abdul Malik Fajar pada 2002 mencetuskan Hari Buku Nasional pada 17 Mei. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca terutama di Indonesia.

Dengan adanya Hari Buku Nasional ini, masyarakat diharapkan menjadi lebih gemar membaca dan memiliki wawasan yang lebih luas.

Selain itu, hari ini juga bertepatan dengan hari jadi Perpustakaan Nasional atau Perpusnas. Dengan adanya Perpusatakaan Nasional ini, masyarakat bisa meminjam dan membaca dengan nyaman di sana. Namun, di era pandemi seperti ini pengunjung dibatasi.

Kalau suka baca, biasanya minimal kamu membutuhkan satu aplikasi untuk membaca ebook. Nah, berikut ini lima aplikasi untuk baca buku atau ebook gratis seperti yang dilansir dari berbagai sumber.

- iPusnas
Aplikasi resmi dari Perpustakaan Nasional ini menyimpan beberapa koleksi buku fisik dari Perpustakaan Nasional. Kita bisa meminjam berbagai buku, mulai dari novel, buku kesehatan, buku pendidikan, dan lain-lainnya dalam bentuk digital.

Dalam satu harinya kamu hanya dapat meminjam tiga buku saja. Aplikasi ini bisa kamu unduh di Playstore maupun Appstore.

- Wattpad
Para remaja mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi ini. Aplikasi buatan Kanada ini memuat banyak genre yang bisa kamu pilih-pilih untuk dibaca. Kamu juga bisa taruh cerita atau novel buatanmu sendiri di sini. 

- iJakarta
Aplikasi yang diluncurkan Oktober 2015 ini, bisa meminjamkan buku yang ada di Perpusatakaan Jakarta. Buku-buku dari penerbit Gramedia, Mizan, Erlangga, dan lainnya bisa kamu pinjam di sini.

Sponsored

- Amazon Kindle
Nah, bagi kamu yang suka novel klasik, aplikasi ini wajib kamu unduh nih. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kamus, Google, maupun Wikipedia Kindle untuk membantu memahami kosakata yang sulit.

- Google Play Book
Siapa bilang Google Play hanya untuk mengunduh aplikasi dan menonton film? Ternyata kamu bisa membaca buku juga. Di sini kita bisa membeli ebook yang disukai atau sulit dijumpai di toko buku offline. Banyak pilihan jenis buku yang bisa kita pilih. Hebatnya, banyak juga buku gratis yang dipajang dan bisa kita beli dengan mudah.

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Ramai-ramai melepas jerat fast fashion

Sabtu, 12 Jun 2021 08:10 WIB
Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Pilu di balik pembatalan ibadah haji

Jumat, 11 Jun 2021 07:19 WIB
Berita Lainnya