sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Impulsif belanja di masa pandemi?

Impulsif merupakan perilaku atau sikap seseorang yang melakukan suatu tindakan tanpa memikirkan dari apa yang dilakukannya. 

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Selasa, 02 Feb 2021 14:13 WIB
Impulsif belanja di masa pandemi?
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Sudah hampir setahun Indonesia dihadapkan dengan Covid-19. Hal tersebut membuat masyarakat Indonesia harus #dirumahsaja. Sampai kini, masyarakat masih diimbau mengerjakan pekerjaan kantornya hingga anak sekolah dan mahasiswa melakukan kegiatan belajar dari rumah.

Situasi ini membuat kita seperti tidak bisa lepas dari gawai. Dari gawai tersebut, kita dapat melihat berita maupun tren yang update. Salah satunya adalah tren fashion 80-an dan 90-an. Pakaian yang dipadu padankan, di antaranya celana cutbray, sweater vest, dan lain-lain. 

Tidak heran jika, cukup banyak masyarakat yang menjadi impulsif. Tetapi sebenarnya apa sih impulsif? Impulsif merupakan perilaku atau sikap seseorang yang melakukan suatu tindakan tanpa memikirkan dari apa yang dilakukannya. 

Dalam mengatasi kegiatan atau perilaku impulsif ini, ternyata bisa diatasi dengan baik loh! Berikut beberapa cara agar kita dapat mengatasi hal tersebut:

Sponsored

1.  Pahami kondisi keuanganmu saat ini
Ini bisa dijadikan pertimbangan yang sangat besar, apakah kamu berbelanja karena nafsu semata? Atau untuk kebutuhan?

2. Sisihkan
Dengan kata lain, selama di rumah saja, kita membuat anggaran. Misalnya, menyisihkan 10% sampai 20% untuk kegiatan berbelanja kamu. Sisanya bisa kamu tabung dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tentu semuanya kembali ke diri kita masing-masing bagaimana cara mengatur keuangan tersebut.
Jadi, mari kita meminimalisir kegiatan tersebut! Apalagi di masa seperti ini. (dari berbagai sumber)
 

Berita Lainnya