sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

InMobi: Konsumen Indonesia siap sambut festival belanja akhir tahun

Hampir dua dari tiga responden yang di survei oleh InMobi melaporkan bahwa mereka berencana meningkatkan anggaran belanja online.

Hermansah
Hermansah Kamis, 26 Okt 2023 08:26 WIB
InMobi: Konsumen Indonesia siap sambut festival belanja akhir tahun

InMobi, penyedia teknologi dan monetisasi pemasaran terkemuka yang mendorong pertumbuhan bisnis, mengeluarkan hasil riset yang menyebutkan, ritel akan kembali booming di Indonesia tepatnya di musim liburan tahun ini.

InMobi mensurvei 440 pengguna smartphone di Indonesia untuk mengeluarkan "The 2023 Holiday Retail Guide for Advertisers". Panduan pemasaran mobile ini mengeksplorasi bagaimana para pembeli bersiap menyambut festival belanja akhir tahun yang paling dinantikan di kawasan ini, dan hasil temuan juga mengungkapkan bahwa dompet masyarakat di Indonesia terbuka untuk berbelanja online.

Hampir dua dari tiga responden yang di survei oleh InMobi melaporkan bahwa mereka berencana meningkatkan anggaran belanja online. Mayoritas (73%) responden menyatakan, bahwa mereka adalah pengambil keputusan utama untuk berbelanja di musim liburan tahun ini. Kapasitas belanja juga tinggi pada tahun ini dengan 59% responden berencana membelanjakan lebih dari Rp5 juta untuk membeli barang yang mereka inginkan.

Smartphone adalah media pilihan di setiap fase perjalanan pembelanja baik online maupun offline. Pembeli menyebutkan, diskon khusus aplikasi dan kemudahan pembayaran sebagai dua alasan utama mengapa mereka beralih ke perangkat seluler, dengan lebih dari 80% pembeli di Indonesia menggunakan perangkat tersebut untuk menjelajahi dan melakukan pembelian akhir; dan lebih dari 60% menggunakan smartphone untuk mencari produk yang mereka impikan.

Hasil dari penelitian ini juga mengidentifikasi terdapat tiga persona pembeli:

1. Penjelajah Kategori (67%) yang telah memutuskan produk yang akan dibeli, namun belum memutuskan mereknya

2. Pemburu Barang Murah (18%) yang mencari insentif sebelum melakukan pembelian

3. Pecinta merek (15%) yang mengetahui produk dan merek yang mereka inginkan

Sponsored

"Indonesia adalah wilayah di mana perangkat seluler memainkan peran penting dalam berbelanja selama beberapa tahun terakhir. Meskipun penelitian kami menemukan bahwa berbelanja di toko merupakan preferensi untuk beberapa kategori, menarik bagi kami untuk mengetahui bahwa semakin banyak konsumen yang berencana menggunakan perangkat smartphone di setiap shopping journey mereka, dan faktanya, perangkat seluler memainkan peran yang dominan. Dengan kemeriahan festival belanja akhir tahun dan juga keinginan untuk mengeksplorasi merek dan produk yang selalu tinggi, penting bagi pemasar untuk hadir secara efektif sepanjang shopping journey masyarakat Indonesia," ungkap Managing Director Asia Pacific InMobi, Rishi Bedi, dalam keterangan resminya, Kamis (26/10) .

Berita Lainnya
×
tekid