sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jangan buang kulit kentang, inilah 5 manfaatnya bagi tubuh

Kulit kentang memiliki kandungan nilai gizi yang cukup tinggi.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Jumat, 25 Sep 2020 11:39 WIB
Jangan buang kulit kentang, inilah 5 manfaatnya bagi tubuh
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Sayur dan buah tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh dan kita perlu memakan lebih banyak sayuran setiap hari. Kebanyakan dari kita menggunakan kentang dalam berbagai sajian makanan, ketika hendak mengonsumsi kentang, tentu kita akan membuang kulitnya. Tanpa kita sadari, sudah melewatkan sesuatu. 

Banyak penelitian sudah membuktikan bahwa kulit kentang memiliki kandungan nilai gizi yang cukup tinggi. Daripada membuang kulit kentang tersebut, coba Anda masukkan ke dalam makanan Anda dengan cara tertentu. Tentu Anda bertanya–tanya, apa manfaat dari kulit kentang tersebut?

Manfaat #1

Anda akan mendapatkan potasium yang merupakan mineral penting yang dapat membantu tubuh dalam proses kimia tertentu. Kalium juga baik untuk sistem saraf. Setiap porsi kulit ini mengandung sekitar 600 gram kalium.

Manfaat #2

Makan kulitnya bersama dengan kentang menawarkan sedikit lebih banyak protein, mineral, vitamin dan karbohidrat.

Manfaat #3

Kulit kentang juga mengandung zat besi yang merupakan mineral yang sangat penting untuk sel darah. Bahkan makan 3-5 kulit sehari dapat menyumbang sekitar empat miligram zat besi.

Sponsored

Manfaat #4

Serat tentu sangat dibutuhkan oleh tubuh, kulit kentang dapat menyumbang lebih banyak serat dan membantu memperlambat penyerapan glukosa. Jika Anda memiliki gula darah yang cukup tinggi, kulit kentang dapat membantu mencegah lonjakan tersebut. 

Manfaat #5

Bahkan saat membuat jus kentang, jika tidak dikupas, kentang menawarkan lebih banyak nutrisi dan serat yang meningkatkan kesehatan. Temukan juga resep menarik untuk membuat kulit kentang lebih gurih.

Sebelum mengonsumsi kentang, tentu Anda harus membersihkannya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kemungkinan kulit kentang mengandung senyawa kimia yang berasal dari tanah.

Anda sangat disarankan mencuci kentang dibawah air bersih yang mengalir. Mencuci atau menyikat permukaan kulit kentang harus menggunakan sikat khusus untuk menyikat sayuran, buah–buahan, atau kelompok umbi–umbian tersebut.

Tidak usah khawatir jika menyikat kentang agak keras, karena kulit kentang sangat kuat menahan gesekan. Hindari mencuci kentang dengan menggunakan sabun, cukup dibawah air bersih yang mengalir. 

Sumber: boldsky.com

Berita Lainnya