sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kebiasaan orang sukses sebelum tidur yang bisa dicontoh

Bagi orang-orang yang sukses, kesehatan mental dan fisik menjadi hal penting karena bergantung pada durasi dan kualitas tidur yang cukup.

 Atikah Rahmah
Atikah Rahmah Sabtu, 17 Des 2022 22:50 WIB
 Kebiasaan orang sukses sebelum tidur yang bisa dicontoh

Kegiatan terakhir sebelum tidur berdampak secara signifikan pada suasana hati dan energi seseorang, pada esok harinya. Hal ini menentukan seberapa baik kualitas dan durasi lama tidur. Bagi orang-orang yang sukses, kesehatan mental dan fisik menjadi hal penting karena bergantung pada durasi dan kualitas tidur yang cukup.

Berikut kegiatan sebelum tidur yang biasa dilakukan orang-orang sukses:

Membaca 

Membaca buku menjadi kegiatan terakhir yang biasa dilakukan orang sukses, sebelum tidur. Pembicara bisnis internasional Michael Kerr mengatakan, banyak pemimpin bisnis sukses yang meluangkan waktunya sebelum tidur untuk membaca buku, kegiatan ini menjadi rutinitas yang tidak bisa diganggu.

“Buku yang mereka baca tidak hanya seputar bisnis atau bacaan inspirasional. Namun, banyak orang sukses juga yang melakukannya lewat internet dan berbagai sumber terpercaya. Hal ini dapat mendorong kreativitas dan semangat yang lebih besar dalam hidup mereka,” ujarnya.

Membuat daftar kegiatan

“Menjernihkan pikiran untuk tidur malam yang nyenyak sangat penting bagi banyak orang sukses,” kata Kerr. “Sering kali mereka akan menggunakan waktu ini untuk menuliskan daftar untuk ditangani keesokan harinya, sehingga pikiran-pikiran ini tidak berakhir menyerang ruang kepala mereka pada malam hari,” kata dia lagi

Meluangkan waktu untuk bersosialisasi
Perspektif dari Psikolog Michael Woodward menyebutkan, sangat penting meluangkan waktu walau hanya sekadar mengobrol dengan orang tua, pasangan, teman, anak, dan atau bermain dengan hewan peliharaan. 

Sponsored

Penulis ‘What The Most Successful People Do Before Breakfast”, Laura Vanderkam, menyadari bahwa tidak semua pasangan bisa tidur pada waktu yang bersamaan, tetapi luangkan waktu untuk terhubung dan berkomunikasi tentang keseharian bersama pasangan.

Meditasi
Banyak orang sukses menggunakan 10 menit sebelum tidur untuk bermeditasi. Pelatih eksekutif yang berbasis di New York Dale Kurow mengatakan, ini adalah cara yang bagus untuk merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran seseorang.

Tidak melakukan pekerjaan menjelang tidur
Kerr berpendapat, orang-orang sukses melakukan kegiatan apapun, kecuali bekerja sebelum tidur. Mereka cenderung berhenti memeriksa email dan mencoba untuk tidak memikirkan masalah terkait pekerjaan. 

Kesimpulannya, orang-orang sukses tidak memiliki waktu untuk bermalas-malasan. Maka dari itu, manajemen waktu menjadi peran penting dalam melakukan kegiatan keseharian. Atur pengatur waktu apabila perlu dan hindari penundaan waktu, kurangi bermain gawai untuk hal-hal yang kurang berguna karena dapat mengganggu produktivitas sebelum tidur. 


Sumber: time.com

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid