logo alinea.id logo alinea.id

Kiat agar tidak mudah haus saat berpuasa

Konsumsi makanan yang tepat saat sahur mencegah Anda mudah merasa haus saat berpuasa.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 16 Mei 2019 13:50 WIB
Kiat agar tidak mudah haus saat berpuasa

Berpuasa di tengah cuaca panas kerap membuat kita merasa haus. Rasa kering di mulut dan tenggorokan tidak bisa terhindari. 

Puasa yang mensyaratkan menahan lapar dan haus tak jarang membuat kita kekurangan cairan atau dehidrasi. Lalu bagaimana agar tidak mudah haus saat menjalani puasa? 

Berikut sejumlah kiat yang bisa membantu Anda terhindar dari rasa haus saat beraktivitas.  

1. Konsumsi makanan yang tepat

Rasa haus bisa terhindar sejak santap sahur dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat. Sebab, makanan yang dikonsumsi saat sahur bisa memengaruhi rasa haus saat berpuasa.

Memperhatikan pola makan saat bulan puasa juga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap kuat menjalankan ibadah puasa. Ada baiknya Anda mengonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung air dengan memperbanyak buah atau dapat mengatasi rasa haus saat berpuasa.

2. Jaga suhu tubuh agar tak kepanasan

Anda bisa menjaga suhu tubuh Anda, agar tak terlalu banyak mengeluarkan keringat saat berpuasa. Jika sedang berada di dalam rumah atau kantor, gunakan AC atau kipas angin untuk membuat udara menjadi sejuk.

Sponsored

Jika Anda berkegiatan di luar ruangan, lindungi suhu tubuh Anda dengan memakai pakaian yang longgar, mudah menyerap keringat, dan menggunakan topi yang bisa mencegah paparan langsung cahaya matahari.

3. Kurangi aktivitas berat

Jika sehari-hari Anda sering melakukan olahraga yang mengeluarkan banyak keringat, Anda dapat mengganti waktunya menjadi malam hari saat bulan puasa. Aktivitas fisik berat seperti olahraga akan membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat dan membuat cepat haus. 

4. Hindari makanan asin dan pedas

Makanan asin dan pedas memang menggoda saat berpuasa. Tapi, tahukah Anda jika mengonsumsi makanan yang mengandung garam tinggi akan meningkatkan kebutuhan tubuh akan air.

Sementara itu, ketika mengonsumsi makanan pedas, butuh banyak minum air setelah Anda konsumsi. Makanan pedas juga akan menyerap air saat dimakan.

5. Hindari minuman berkafein dan soda

Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda saat sahur dapat meningkatkan aktivitas ginjal dan membuat tubuh mengeluarkan banyak cairan melalui urin.

Perlu diingat kalau kopi, teh dan soda bukanlah alternatif pengganti air. Jika Anda tak bisa menghindari kafein sepenuhnya, maka kurangilah asupan minuman-minuman tersebut untuk mencegah rasa haus di siang hari.