logo alinea.id logo alinea.id

Konsumsi telur setiap hari kurangi risiko penyakit jantung

Makan satu telur setiap hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kemungkinan terjadinya stroke.

Mona Tobing
Mona Tobing Rabu, 23 Mei 2018 13:39 WIB
Konsumsi telur setiap hari kurangi risiko penyakit jantung

Siapa yang tidak suka telur? Rupanya telur memiliki manfaat lebih dari sekedar mengisi kebutuhan protein. Studi terbaru menunjukkan bahwa makan telur setiap hari bisa menurunkan penyakit jantung dan risiko stroke. 

Dulunya telur memang memiliki reputasi buruk karena disebut berpotensi meningkatkan kolesterol darah dan berkontribusi terhadap penyakit kardiovaskular. Namun, sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa telur sebenarnya dapat melindungi jantung Anda.

Makan satu telur per hari sebenarnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan menurunkan kemungkinan terjadi stroke. Demikian Womens Health mengutip Jurnal Heart yang mengeluarkan hasil penelitian setelah mengamati lebih dari setengah juta orang dewasa di China. 

Peserta kemudian melaporkan kebiasaan makan telur mereka selama sembilan tahun. Hasilnya, pemakan telur harian memiliki risiko penyakit jantung 11% lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak makan telur sama sekali. 

Sponsored

Risiko terkena stroke hingga perdarahan otak juga disebut lebih rendah sebesar 26%. Studi ini menyimpulkan makan satu telur per hari secara signifikan menurunkan risiko penyakit-penyakit tersebut. 

Tentu penelitian ini menguburkan saran untuk membatasi mengonsumsi telur sebanyak dua sampai empat per minggu. Oia, manfaat lain dari telur rupanya juga dapat mengurangi gula darah dan membantu orang makan lebih sedikit. Jadi, makan telur bisa menjadi cara Anda untuk mengendalikan berat badan.