sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lesti Kejora hingga Puan Maharani paling banyak jadi perbincangan

Setahun terakhir, nama Ria Ricis, Lesty Kejora, hingga Puan Maharani paling banyak diperbincangkan.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Senin, 25 Apr 2022 11:46 WIB
Lesti Kejora hingga Puan Maharani paling banyak jadi perbincangan

Lesti Kejora dan Ria Ricis menjadi dua artis perempuan yang paling banyak diperbincangkan di Youtube dalam setahun terakhir. Hasil ini diketahui setelah Indonesia Indicator melakukan perhitungan selama periode April 2021-April 2022.

Perhitungan juga dilakukan berdasarkan data jumlah pemberitaan dan jumlah pernyataan tokoh perempuan dalam kurun waktu April 2021–April 2022.

Riset mengulas mengenai tokoh perempuan berpengaruh dengan cara penghitungan dari formulasi reaksi total meliputi like, comment, dan share yang diterima oleh tokoh-tokoh perempuan pada unggahan netizen menyebut nama tokoh perempuan tersebut. Perhitungan dilakukan pada dua jenis platform media sosial, yakni Youtube dan Instagram.

Riset juga mengulas data pemberitaan terhadap tokoh perempuan di media online. Terdapat dua bagian, yakni tokoh terpegah, artinya paling banyak diberitakan media dan tokoh tervokal yang berarti paling banyak dikutip pernyataannya oleh media.

Hasilnya, tokoh selebriti atau artis Indonesia menguasai daftar tokoh perempuan paling banyak diperbincangkan di media sosial Youtube adalah Lesti Kejora dan Ria Ricis. Mereka menjadi yang paling banyak di-mention netizen melalui platform Youtube. Lesti diperbincangkan sebanyak 3,9 juta kali, sementara Ria Ricis diperbincangkan 3,5 juta kali.

Kemudian, untuk kategori tokoh perempuan paling banyak diperbincangkan di Instagram posisi puncaknya diduduki Ria Ricis. Ria mendominasi 8,5 juta percakapan di Instagram. 

Tokoh-tokoh lain yang diperbincangkan di Instagram adalah pemain bulu tangkis ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu dengan 8,3 juta perbincangan.

Untuk tokoh perempuan terpegah di media sosial didominasi oleh figur pejabat pemerintah dan politisi. Posisi puncak diisi oleh Ketua DPR Puan Maharani dengan 82.971. Diikuti Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dengan 63.294 perbincangan. 

Sponsored

Hanya ada tiga figur perempuan yang masuk dalam kategori terpegah dari kalangan selebriti, yakni Lesti Kejora, Aurel Hermansyah, dan Nagita Slavina.

Terakhir untuk kategori perempuan tervokal, Ketua DPR RI, Puan Maharani menjadi tokoh perempuan tervokal di media online. Posisinya sebagai Ketua DPR RI banyak dimintai pendapat dan keterangan oleh media menyikapi isu sosial politik yang sedang berkembang di tanah air. Puan memberikan 235.745 pernyataan di media online dalam kurun waktu satu tahun. 

Posisi kedua diduduki Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi dengan 185.368 pernyataan.

Berita Lainnya