sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

LinkedIn: Makna sukses orang Indonesia ternyata sederhana

Jika dibandingkan orang-orang dari negara lain di Asia Pasifik, orang Indonesia paling optimistis dalam hal mampu meraih sukses

Hermansah
Hermansah Selasa, 24 Apr 2018 15:45 WIB
LinkedIn: Makna sukses orang Indonesia ternyata sederhana

Makna sukses bagi sebagian besar masyarakat Indonesia ternyata sederhana, yaitu dapat menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan. Hal itu terungkap dari "Success", sebuah studi terbaru dari LinkedIn.

Ketika diminta untuk menjelaskan tentang makna dari kesuksesan secara umum, lebih dari 74% orang Indonesia setuju bahwa sukses berarti ‘bahagia’, diikuti ‘sehat’ (64%) dan ‘menjaga keseimbangan antara karier dan kehidupan pribadi’ (62%).

Data juga mengungkap, jika dibandingkan orang-orang dari negara lain di Asia Pasifik, orang Indonesia paling optimistis dalam hal mampu meraih sukses dalam waktu satu tahun. Sebanyak 16% orang Indonesia mengungkapkan optimismenya untuk bisa meraih sukses dalam waktu satu tahun. 

Negara yang memiliki orang dengan tingkat optimisme tinggi lainnya di Asia Pasifik adalah India (10%), diikuti Singapura (3%), Australia (3%), Hong Kong (2%), dan China (2%).

Hasil studi juga mengungkap bahwa 67% orang Indonesia sudah merasa dirinya sukses. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan rata-rata dunia yang hanya 57%.

Kendati begitu, orang Indonesia meyakini tidak ada definisi pasti dari kesuksesan. Hampir 70% orang Indonesia menyatakan setiap orang memaknainya secara berbeda-beda. Mayoritas, atau 51%, setuju bahwa sukses tidak hanya suatu pencapaian besar yang memerlukan waktu panjang atau longterm untuk diraih. Namun sukses juga bisa terdiri dari berbagai pencapaian kecil setiap harinya yang membuat seseorang merasa bahagia.

Ini merupakan proses yang selalu berkembang dan harus dilalui seseorang seumur hidupnya. Tidak heran kalau orang Indonesia berharap mampu memanfaatkan kesempatan ini sepenuhnya dengan sehat, serta bisa menjalaninya bersama keluarga dan orang yang dicintai.

Sukses dan bahagia memang sebuah mindset dari masing-masing orang, namun proses pemaknaannya ternyata sangat dipengaruhi oleh beragam faktor eksternal.

Sponsored

Studi LinkedIn mengungkap, lebih dari 68% orang Indonesia menyatakan pandangan lingkungan sosial mereka terhadap makna sukses, ternyata berpengaruh terhadap perjalanan mereka untuk memaknai dan meraih sukses. Sedangkan 80% mengatakan bahwa latar belakang pendidikan membentuk persepsi terhadap makna dari kesuksesan.

Menariknya, pakaian dianggap sebagai salah satu faktor yang dapat meningkatkan kepercayaan diri (71 %) dalam perjalanan menemukan dan meraih sukses.

“Kepercayaan diri orang Indonesia dalam meraih kesuksesan dalam hidup bisa menjadi motivasi bagi orang di negara lain, terlebih ketika pemaknaan tentang arti sukses sendiri tidak hanya lagi sebatas pencapaian karier semata, gaji maupun jabatan," papar Head of Communications Southeast Asia and North Asia LinkedIn Linda Lee dalam keterangan tertulisnya, Selasa (24/4).

Hal itu seiring dengan semakin matangnya dunia tenaga kerja di Indonesia. Dimana karier dan kehidupan personal semakin menyatu, para profesional menganggap bahwa sukses, pencapaian, dan kebahagiaan memiliki beragam makna.  

Untuk itu, LinkedIn mendorong para anggotanya untuk lebih aktif membangun komunitas dan jaringan. Sehingga dapat menjadi lebih dekat dalam hal menemukan makna dan meraih sukses dalam hidup.

Berita Lainnya