sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Manfaat positif anak bermain gadget

Tetapi tahukah Anda kalau sebenarnya penggunaan gadget tidak melulu terkait dengan dampak negatif.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Rabu, 24 Feb 2021 15:32 WIB
Manfaat positif anak bermain gadget
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Kehadiran perkembangan dan teknologi terutama pada gadget sering dipikirkan orang tua sebagai ancaman, karena bisa jadi candu ketika anak sudah keterusan bermain gadget.  

Tetapi tahukah Anda kalau sebenarnya penggunaan gadget tidak melulu terkait dengan dampak negatif? Ada juga dampak positif dari kegiatan tersebut.

Berikut beberapa manfaat ketika anak menggunakan gadget:

1. Merangsang berpikir kreatif
Penggunaan gadget terhadap anak, dapat merangsang daya kreativitas dengan mengimbangi apa yang sudah ia dapatkan. Berkembangnya teknologi menjadikan beberapa aplikasi yang dibuat untuk mengasah daya pikir anak maupun keseimbangan otak kiri dan otak kanan.

2. Melatih berpikir kritis
Dari apa yang ia mainkan maupun kerjakan hingga menonton apa yang ia lihat, anak-anak mampu memberikan pendapat atau tanggapan atas apa yang ia kerjakan. Mereka pun dapat ikut serta dalam memecahkan solusi, contohnya sering memberikan pertanyaan yang muncul dipikirannya, yang dapat membuat ide solutif untuk kedepannya.

3. Belajar teknologi
Di era yang sudah serba canggih dan menggunakan teknologi pun perlunya mereka dan orang tua “melek teknologi”. Keinginantahuan anak tentang gadget harus tetap diawasi oleh orang tua serta mendampinginya.

4. Cepat tanggap
Dengan mengetahui informasi yang ia dapat, diharapkan anak-anak mampu memilah mana informasi fakta dan mana yang hoaks. Tentunya hal itu harus dengan dibantu orang tua dalam menyaring informasi tersebut.

5. Mengurangi stres
Salah satu hal yang mereka sukai ialah bermain game untuk mengurangi penatnya tugas sekolah dan butuh hiburan. 

Sponsored

Tinggal peran orang tua yang dapat menjadi teladan yang baik seperti tidak menggunakan gadget sepanjang hari, membuat kesepakatan durasi bermain gadget, batasi konten yang dicari, karena anak di bawah sembilan tahun wajib diawasi. Bila perlu, menggunakan family link untuk mengontrolnya dan perlu juga orang tua berteman dengan anak di media sosial, agar mudah mengawasi apa yang dilakukan di luar pandangan kita. (dari berbagai sumber)

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya