sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pengusaha Indonesia tunjukkan empati selama pandemi

Fokus pada keterlibatan karyawan terus menjadi yang paling penting untuk kelangsungan bisnis.

Clarissa Ethania
Clarissa Ethania Kamis, 09 Sep 2021 12:01 WIB
Pengusaha Indonesia tunjukkan empati selama pandemi

HR Asia melakukan survei dengan metode Total Engagement Assessment Model (TEAM) dan melibatkan 15.820 karyawan dari 250 perusahaan di Indonesia.

Survei mendalami tentang moral karyawan mereka, kebutuhan dan harapan mereka serta tingkat keterlibatan mereka selama pandemi.

”Dengan Indonesia yang secara bertahap pulih dari pandemi, fokus pada keterlibatan karyawan terus menjadi yang paling penting untuk kelangsungan bisnis. Para pemimpin bisnis harus terus menunjukkan empati dan kepedulian terhadap karyawan mereka, saat kita melalui pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya ini,” kata William Ng, penerbit grup dan pemimpin redaksi Business Media International, penerbit HR Asia, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (9/9).

Selain Indonesia, survei ini juga melibatkan beberapa negara di Asia lainnya seperti Cina daratan, Kamboja, Hong Kong, India, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam. Hal ini, menjadikan survei ini sebagai survei terbesar di kawasan untuk keterlibatan karyawan.

Survei tersebut menemukan beberapa temuan kunci tentang Apa yang Disenangi Karyawan dan Apa yang Ada di Daftar Keinginan Mereka.

Survei mengenai apa yang ‘disenangi oleh karyawan’ menunjukkan bahwa karyawan akan senang dalam lingkungan pekerjaannya, jika lingkungan tempat kerjanya pun mendukung. Seperti halnya perusahaan yang memercayai akan kekuatan karyawannya, memiliki budaya dan kerja tim yang baik, dan pemberian penghargaan ataupun perlakuan yang adil bagi tiap-tiap karyawannya.

Sementara itu, untuk survei ‘apa yang ada di daftar keinginan karyawan’, menunjukkan bahwa mereka memerlukan adanya time management yang efektif antara karyawan dan perusahaan. Jika karyawan mengundurkan diri, alangkah baiknya agar perusahaan tidak ‘burning bridges’ karena akan ada kemungkinan jika karyawan tersebut bisa kembali bekerja pada perusahaan tersebut, dan terakhir adalah semangat bekerja setelah weekend  dipengaruhi dari seberapa banyak tanggung jawab pekerjaan/ berdasarkan statistik pekerjaan.

“Di CCEP Indonesia, kami percaya bahwa karyawan kami adalah fondasi kesuksesan. Keberhasilan jangka panjang kami terletak pada penciptaan tempat kerja yang aman, fleksibel, dan inklusif bagi karyawan. Ini adalah tonggak yang membanggakan saat kami melanjutkan perjalanan. Pencapaian kami adalah hasil dari upaya kolaboratif yang hebat yang tidak akan mungkin terjadi tanpa tim yang berdedikasi, bersemangat, dan pekerja keras yang selalu berusaha menjadikan CCEP Indonesia tempat yang tepat untuk bekerja,” kata Direktur urusan masyarakat, komunikasi & keberlanjutan CCEP Indonesia Lucia Karina.

Sponsored
Berita Lainnya