sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jadi serial populer, penjualan webtoon business proposal meroket

Drama Korea Business Proposal saat ini disiarkan di SBS dan Netflix.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Kamis, 17 Mar 2022 19:17 WIB
Jadi serial populer, penjualan webtoon business proposal meroket

Penjualan novel web dan webtoon untuk serial drama Korea populer Business Proposal melonjak tajam dalam beberapa pekan terakhir. 

Lonjakan ini dipengaruhi oleh kepopuleran Business Proposal setelah diadaptasi menjadi K-drama. Saat ini serial tersebut banyak diperbincangkan di Korea Selatan maupun seluruh dunia.

Dikutip Yonhap, Kamis (17/3), drama Korea Business Proposal saat ini disiarkan di SBS dan Netflix. Ratingnya di Korea Selatan mencapai 10,1% untuk tayangan televisi episode keenam. Sementara, di Netflix judul yang sama masuk sepuluh besar serial paling banyak ditonton di seluruh dunia.

Menurut data Kakao Entertainment, versi novel web dan webtoon yang berjudul The Office Blind Date mencatat total 450 juta penayangan di seluruh dunia pada akhir Februari. Bahkan, sebelum penayangan perdana serial TV-nya. 

Di Korea Selatan, novel dan komik web ini mencapai 160 juta penayangan.

Secara khusus, webtoon The Office Blind Date menduduki peringkat pertama dalam penjualan di platform daring Kakao Thailand pekan ini dan selama dua pekan berturut-turut. Selain itu, komik web ini juga menempati nomor satu dalam penjualan di Taiwan dan Indonesia.

Sebelumnya, webtoon Now at Our School yang diadaptasi menjadi serial Netflix All of Us Are Dead juga mengalami peningkatan 80 kali lipat penayangan daring dan 59 kali lipat dalam penjualan bulan lalu, menurut Naver Webtoon.

Sementara, webtoon orisinal dari serial Hellbound akan diterbitkan di 11 negara, termasuk Amerika Serikat dan Jepang. Penerbit komik web Hellbound, Munhak Dongne, mengatakan bahwa perusahaan komik asal Amerika Serikat Dark Horse Comics akan memenuhi syarat untuk hak penerbitan edisi bahasa Inggris.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid