sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Pesona wisata Kabupaten Blitar

Kabupaten Blitar menawarkan sejumlah tempat wisata alam.

Syamsul Anwar Kh
Syamsul Anwar Kh Senin, 20 Jan 2020 16:52 WIB
Pesona wisata Kabupaten Blitar
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini

Traveling atau jalan-jalan, bisa menjadi salah satu alternatif untuk menyegarkan kembali emosi dan membangkitkan semangat (refreshing). Heru Hermawan dalam tulisannya "Traveling sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Yogyakarta" menganggap, traveling dilakukan untuk mengisi waktu luang, pengaruh teman, pengaruh media, dan keadaan ekonomi yang cukup. 

Sebagai kegiatan yang positif untuk mengisi waktu luang, traveling bisa menjadi opsi. Bukan hanya untuk pelajar ketika liburan, namun juga bagi pekerja yang membutuhkan refreshing.

Nah, Kabupaten Blitar menawarkan sejumlah pilihan bagi para penggemar traveling. Wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Kediri dan Kabupaten Malang di sisi utara ini menyuguhkan pemandangan alam berupa pegunungan yang bernuansa sejuk.

Lalu, dari sisi selatan yang langsung berbatasan dengan Samudera Hindia, membuat Kabupaten Blitar juga memiliki aneka pantai yang sayang untuk dilewatkan.

Selain itu, sebagai daerah yang dekat dengan Kediri, Blitar juga memiliki kedekatan kultural yang tampak dengan adanya sejumlah candi.

Akses ke Blitar pun tak susah. Dari Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur, hanya memerlukan 3 jam 46 menit perjalanan jika melewati Jalan Tol Mojokerto-Kertosono. Atau bisa juga melewati rute lain via Malang. Jalur ini merupakan jalan alternatif dengan pemandangan panorama  pegunungan serta perbukitan. Buat para pecinta foto, jalur ini bisa menjadi pilihan yang mengasyikkan.

Hanya itu?

Tentu tidak. Buat pengguna trasportasi umum, bisa memilih naik Kereta Api Penataran. Dengan tiket seharga Rp15.000, traveler bisa berangkat dari Stasiun Gubeng pada pukul 04.41 WIB untuk kereta pagi dan pukul 17.41 WIB jika memilih kereta sore. Atau bisa juga dengan bus antar kota dalam provinsi yang berangkat dari Terminal Purabaya (Bungurasih). 

Sponsored

Lalu, tempat apa saja yang bisa dikunjungi di Kabupaten Blitar?

1) Candi Penataran
Candi dengan latar belakang Hindu ini terletak di Desa Penataran Kecamatan Nglegok, sisi barat Gunung Kelud.

2) Perkebunan Sirahkencong
Area perkebunan teh yang terletak di lereng Gunung Kawi ini berjarak 36 kilometer dari pusat Kabupaten Blitar. Lokasi persis Sirahkencong terletak di Desa Ngadirejo, Kecamatan Wlingi.

3) Pantai Serang
Sesuai namanya, pantai ini terletak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo. Memiliki hamparan pasir putih yang landai serta bibir pantai yang cukup panjang, Pantai Serang jadi tempat yang pas untuk bertamasya bersama keluarga. Terdapat gazebo sebagai tempat peristirahatan wisatawan dan tiap 1 Suro, terdapat ritual larung sesaji.

4) Gua Embultuk
Terletak di Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, gua ini memiliki panjang sekira 1,5 kilometer. Stalagmit dan suara gemericik air di dalam gua, yang masih asri bisa membuat wisatawan terpesona.

Selain keempat tempat tersebut, masih banyak lokasi lain yang tak kalah seru, baik candi maupun pantai. Jadi, kapan nih berkemas dan berangkat ke Blitar? 

Berita Lainnya