sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Rekomendasi aplikasi Al-Qur’an digital untuk kaum milenial

Aplikasi Al-Qur'an digital Tafsirweb memuat tafsir lengkap ayat suci dari sumber tepercaya yang memudahkan dalam tadabbur di samping membaca

Tim copywriter
Tim copywriter Senin, 07 Feb 2022 20:25 WIB
Rekomendasi aplikasi Al-Qur’an digital untuk kaum milenial

Generasi milenial yang tumbuh-kembangnya berlangsung di era kemajuan teknologi digital memang diuntungkan dengan terbukanya kesempatan untuk mengembangkan diri melalui platform digital.

Ini termasuk dalam hal beribadah, misalnya kemudahan tadarus dan tadabbur menggunakan aplikasi Al-Qur’an digital.

Saat ini memang cukup mudah untuk menemukan aplikasi mushaf baik yang gratis maupun berbayar di Play Store dan iOS. Namun sebelum menggunakannya Anda perlu memastikan aplikasi dimaksud benar-benar tepercaya, seperti website https://www.tafsirweb.com.

Metode tersebut memungkinkan Anda untuk belajar dan memperlancar bacaan Al-Qur’an secara mandiri dan online dengan website khusus dan aplikasi perpesanan.

Keunggulan aplikasi Al-Qur’an digital Tafsirweb

Sebenarnya aplikasi Al-Qur’an 30 juz Tafsirweb tak hanya ideal untuk kaum milenial yang melek teknologi, tetapi juga berbagai kalangan. Ini karena aplikasi tersebut terbilang user friendly dan dapat Anda akses di berbagai jenis gawai. Selain itu Tafsirweb juga mempunyai beberapa kelebihan lain, yaitu:

Praktis

Sekarang Anda tidak perlu lagi membawa mushaf asli plus kitab tafsir yang berat kemana-mana demi bisa mengaji ketika ada waktu kosong. Cukup dengan membuka aplikasi Tafsirweb Anda kini dapat membaca Al-Qur’an kapan dan dimana saja melalui smartphone, tablet, laptop, atau PC.

Sponsored

Mudah digunakan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya tool ini gampang digunakan, Anda bahkan tak perlu melakukan download aplikasi Al-Qur’an. Yang perlu dilakukan hanya mengakses laman website-nya dan memilih surat yang ingin Anda baca atau pelajari maknanya.

Memudahkan tadabbur Al-Qur’an

Kewajiban seluruh umat Islam tak berhenti hanya pada membaca Al-Qur’an, tetapi juga mentadabburinya. Ini artinya merenungkan kandungan ayat-ayat Al-Qur’an untuk dapat mengambil pelajaran serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Aplikasi Tafsirweb memudahkan kita untuk tadabbur Al-Qur’an karena sekaligus menyediakan tafsir ayat-ayat suci secara lengkap dari lembaga dan para mufassir yang kompeten.

Ini misalnya Kemenag Indonesia, Syaikh Abu Bakar Jabir al-Jazairi, tafsir al-Muyassar dari Syaikh Dr. Shalih Alu Syaikh, tafsir al-Aisar, dan sebagainya.

Lengkap

Selain berisi bacaan Al-Qur’an digital 30 juz, terjemah, dan tafsirnya, aplikasi Tafsirweb juga menyediakan doa-doa pendek sehari-hari dan dzikir. Dengan begitu Anda akan semakin terbantu dalam menjalankan amal ibadah harian demi mendekat kepada Allah Swt serta meraih keridhaan-Nya.

Cara menggunakan aplikasi Tafsirweb

Untuk yang masih ragu dengan hukum membaca Al-Qur’an menggunakan mushaf digital, mayoritas ulama memperbolehkan asalkan kebenaran isinya terjamin.

Selanjutnya terkait kewajiban bersuci saat menyentuh Al-Qur’an tidak berlaku untuk Qur’an digital karena benda yang kita pegang adalah ponsel, alih-alih mushaf nyata.

Jadi Anda boleh saja mengakses Tafsirweb dan langsung membaca atau mempelajari tafsir-tafsir ayatnya tanpa perlu berwudhu dahulu. Meski demikian jika kondisinya memungkinkan, alangkah baiknya untuk bersuci dahulu sebagai bentuk penghormatan kepada firman-firman Allah Swt.

Untuk menggunakan aplikasi Tafsirweb, ikutilah langkah-langkah berikut:

  • Buka browser Anda, misalnya Google Chrome
  • Ketik alamat laman Tafsirweb
  • Klik nama surat yang ingin Anda baca untuk mendapatkan tampilan utuhnya
  • Untuk mengetahui informasi tafsirnya Anda tinggal klik pada nomor ayat
  • Selanjutnya akan terpampang tafsir ayat dari berbagai sumber yang terpercaya, seperti tafsir Kementerian Agama Saudi Arabia, tafsir Al-Mukhtashar, tafsir Al-Madinah Al-Munawwarah, dan sebagainya
  • Di bawah daftar ayat-ayat kitab suci Anda akan menemukan beberapa opsi yaitu “Topik”, “Serial”, “Doa-Dzikir”, “Lainnya”, dan “Updates”. Anda tinggal klik masing-masing opsi tersebut untuk mendapatkan informasi bermanfaat berkaitan dengan Al-Qur’an serta tuntunan ibadah harian.

Contohnya untuk opsi “Doa-Dzikir”, saat Anda mengkliknya akan muncul daftar doa-doa harian yang penting. Ini misalnya doa setelah shalat, doa setelah adzan, doa saat menjenguk orang sakit, sampai bacaan niat shalat-shalat sunnah.

Untuk menggunakan fitur-fitur pentingnya secara langsung, Anda bisa mengunjungi situs aplikasi Al-Qur’an digital Tafsirweb. Semoga menginspirasi.

Berita Lainnya
×
tekid