Ubi jalar, makanan yang memiliki segudang manfaat kesehatan

Sayuran yang memiliki rasa manis dan tekstur lembut ini kaya akan gizi.

Ubi jalar, makanan yang memiliki segudang manfaat kesehatan Ubi jalar kaya akan gizi dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh / Pixabay

Kolak yang sempurna adalah yang terdiri dari pisang, kolang-kaling, dan ubi jalar. Ketiadaan salah satu bahan makanan tersebut akan membuat rasa kolak tidak nikmat. Bahkan, menggantikan ubi jalar dengan singkong akan membikin rasa kolak jauh dari kata 'maknyus'.

Benar. Keberadaan ubi jalar memang sangat penting di dalam semangkuk kolak. Tidak hanya
sampai di situ, sayuran yang memiliki rasa manis dan tekstur lembut ini juga kaya akan
gizi. Karena itu, ubi jalar memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini khasiat
yang ada di dalam ubi jalar menurut Live Science.

Melancarkan pencernaan

Berdasarkan Cleveland Clinic, ubi jalar merupakan sumber serat yang baik. Hal ini tentu dapat membantu tubuh dalam melancarkan pencernaan.

Menjaga kesehatan jantung

Ubi jalar kaya akan vitamin B6. Menurut Harvard University School of Public Health, vitamin ini bertugas menguraikan homocysteine atau zat yang berkontribusi terhadap pengerasan pembulu darah.

Ubi jalar juga mengandung potasium yang bagus untuk kesehatan jantung, karena dapat menurunkan tekanan darah. Sementara itu, terdapat pula kalium yang merupakan elektrolit yang membantu mengatur detak jantung.

Menjaga kekebalan tubuh

Vitamin A dan E di dalam ubi jalar berperan dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Kedua vitamin ini juga merupakan antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari penyakit. Ubi jalar berwarna oranye adalah ubi yang mengandung lebih banyak vitamin A. Sedangkan, ubi jalar ungu kaya akan antioxidant anthocyanin yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan ini juga berperan dalam meredakan gangguan peradangan.

Mengontrol gula darah dan mempertahankan energi tubuh

Ubi jalar memang manis. Namun, sayuran yang satu ini memiliki indeks glikemik rendah. Artinya, ubi jalar melepaskan gula secara perlahan ke dalam aliran darah, sehingga memberikan energi yang cukup untuk tubuh dan menjaga kadar gula darah. Berbeda sekali dengan makanan manis bertepung yang dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Di samping itu, ubi jalar merupakan sumber mangan baik yang membantu memetabolisme karbohidrat. Hal ini berperan dalam mengontrol kadar gula darah tetap sehat dan mengendalikan
nafsu makan.

Kulit dan rambut

Menurut sebuah studi dalam jurnal Clinical Cancer Research (2004), vitamin A pada ubi jalar
bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Vitamin C dan E juga berperan dalam regenerasi kulit dan kolagen.

Mengelola stress
Setelah makan ubi, Anda mungkin akan merasakan suasana hati yang membaik. Sebab, menurut
Los Angeles Department of Public Health, ubi jalar mengandung magnesium, mineral yang
memberikan rasa rileks setelah mengalami tekanan. Selain itu, kandungan ini juga bagus untuk
kesehatan pembuluh darah arteri, tulang, otot, dan saraf.


Berita Terkait