logo alinea.id logo alinea.id

4 fakta film Pariban: Idola dari Tanah Jawa

Mengangkat pariban yang dibalut dengan nuansa anak muda modern.

Armidis
Armidis Rabu, 15 Mei 2019 13:32 WIB
4 fakta film Pariban: Idola dari Tanah Jawa

Pariban: Idola dari Tanah Jawa bergenre komedi romantis. Bagi sutradaranya, Andibachtiar Yusuf, film bergenre komedi romantis adalah yang perdana. Ucup, sapaan akrab Andibachtiar Yusuf, pernah sukses menggarap film Romeo Juliet (2009), Hari ini Pasti Menang (2013), dan Love For Sale (2018). Film ini pun menjadi film debutan bagi rumah produksi Stayco Media.

Naskah film sendiri dibuat keroyokan oleh Agustinus Sitorus, Ridho Brado, dan Andibachtiar Yusuf. Fokus utamanya menangkat budaya Batak, yakni pariban. Misinya terbaca, film ini ingin mengenalkan kembali kepada anak muda tradisi pariban, terutama para perantau dari Sumatera Utara.

Film ini mengeksplor keindahan panorama Samosir dan Danau Toba. Kemudian, ada simbol-simbol yang diangkat untuk mendekatkan penonton dengan budaya Batak. Semisal permainan catur dan bermain gitar, yang identik dengan masyarakat Batak.

Lagu latar film ini pun mengikutkan penyanyi asal Sumatera Utara, yakni Siantar Rap Foundation dan Dorman Manik. Siantar Rap Foundation merupakan grup musik rap asal Kota Pematangsiantar. Sementara Dorman adalah penyanyi solo yang tengah naik daun.

Sponsored