sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Cara Gus Dur mendekati orang Papua

Abdurrahman Wahid atau Gus Dur punya cara berbeda dengan presiden Indonesia lainnya dalam menyelesaikan konflik di Papua.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Selasa, 27 Agst 2019 20:17 WIB
Cara Gus Dur mendekati orang Papua
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 66226
Dirawat 31798
Meninggal 3309
Sembuh 30785

Anggota Ombudsman sekaligus penulis buku Gus Dur, Islam Nusantara, dan Kewarganegaraan Bineka: Penyelesaian Konflik Aceh dan Papua 1999-2001 (2018) Ahmad Suaedy mengatakan, Gus Dur memiliki cara mumpuni menangani konflik di Papua. Dia mengatakan, cucu KH Hasyim Asy’ari itu terlihat elegan karena mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan.

"Dia mau mendengarkan apa pun suara mereka. Termasuk menuntut merdeka, itu beliau dengarkan," kata dia saat dihubungi, Sabtu (24/8).

Dihubungi terpisah, koordinator Jaringan Gusdurian sekaligus putri pertama Gus Dur, Alissa Qotrunnada Munawaroh Wahid atau Alissa Wahid mengenang masa ketika ayahnya menangani konflik Papua.

Dia menuturkan, ayahnya sangat konsisten terhadap keadilan dan kemanusiaan di tanah Papua. Sebab, ayahnya tahu kalau hal itu belum hadir di tanah Papua.

Sponsored

"Prinsip yang dia (Gus Dur) pakai itu tak boleh ada diskriminasi. Gus Dur sadar, persoalan Papua tak sekadar tembak-tembakan. Keinginan merdeka itu pasti karena ada sesuatu yang belum selesai. Dan, itu yang coba diselesaikan Gus Dur," katanya saat dihubungi, Senin (26/8).

Gus Dur punya cara berbeda dalam mendekati orang-orang Papua. Alinea.id/Sulthanah Utarid.

Serba bisa BIN di panggung corona 

Serba bisa BIN di panggung corona 

Selasa, 07 Jul 2020 06:01 WIB
Berharap vaksin dengan anggaran mini

Berharap vaksin dengan anggaran mini

Senin, 06 Jul 2020 19:00 WIB
Berita Lainnya