sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kesaktian influencer Covid-19 di jagat maya

Pemerintah mulai menggerakkan influencer untuk menyosialisasikan bahaya Covid-19 ke masyarakat.

Kudus Purnomo Wahidin
Kudus Purnomo Wahidin Jumat, 27 Mar 2020 15:13 WIB
Kesaktian influencer Covid-19 di jagat maya

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggandeng 20 influencer top untuk menyosialisasikan penanganan Covid-19 kepada publik. Selain dari kalangan selebritas, influencer yang setuju membantu BNPB berasal dari aktivis, olahragawan, dan tokoh milenial. 

Deputi Bidang Pencegahan BNPB Lilik Kurniawan menyebut langkah itu sengaja diambil untuk memperluas jangkauan sosialisasi pencegahan Covid-19. Membenarkan hasil survei RRI dan Indo Barometer, ia mengakui, saat ini masih ada jarak antara pemerintah dan masyarakat. 

Potret itu, menurut Lilik, bisa tecermin dari sikap sebagian masyarakat yang kurang peduli terhadap seruan pemerintah untuk berkegiatan di rumah selama penanganan wabah Covid-19. Perilaku itu menyebabkan wabah kian sulit dikendalikan.

"Padahal, Presiden berapa hari yang lalu sudah menyampaikan supaya masyarakat sebaiknya, di rumah aja. Tapi, ternyata kan (dicek ke) lapangan, (orang-orang) malah kelayapan. Puncak ramai. Pantai ramai," ucapnya kepada Alinea.id, Jumat (20/3).

Sponsored

Lilik optimistis kalangan influencer bisa berperan besar membantu pemerintah menyosialisasikan bahaya Covid-19. Apalagi, sebagian dari influencer yang digandeng BNPB punya jutaan pengikut di jagat maya. 

"Mereka kami berikan konten dan informasi positif untuk mereka gunakan sebagai bahan edukasi, sosialisasi dan mitigasi. Kami harap dengan konten dan sosialisasi mereka. Masyarakat bisa lebih menerima dan turut menekan persebaran Covid-19," ujarnya.

Infografik Alinea.id/Dwi Setiawan

Berita Lainnya