sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Kontroversi Menteri BUMN Rini Soemarno

Menteri BUMN Rini Soemarno kerap mengambil keputusan kontroversial yang menimbulkan polemik.

Soraya Novika
Soraya Novika Rabu, 04 Sep 2019 15:27 WIB
Kontroversi Menteri BUMN Rini Soemarno

Langkah Suprajarto menolak jabatan sebagai Dirut BTN didukung Serikat Pekerja BTN dan Serikat Pekerja BRI. Ketua Umum DPP SP BTN Satya Wijayantara dalam keterangan tertulisnya menyebut, pemberian tugas kepada Suprajarto sebagai Dirut BTN adalah bentuk pelecehan profesi.

"Karena penugasan diberikan dari BRI kepada BTN, yang dari ukuran kapasitasnya BTN jauh lebih kecil dari BRI (aset BTN 25% aset BRI)," kata Satya dalam keterangan tertulis yang diterima Alinea.id, Minggu (1/9).

Serikat Pekerja BRI dan BTN juga meminta Menteri BUMN untuk menghormati prinsip-prinsip good governance dan pelaksanaan manajemen karier bagi bankir di lingkungan BUMN, melalui sistem manajemen bakat yang adil.

Ketika dikonfirmasi, Satya pun menuntut hak transparansi di ranah bank pelat merah itu lebih diprioritaskan Menteri BUMN maupun pejabat BUMN lainnya, agar polemik serupa tak terulang lagi.

"Seorang Direktur Utama salah satu bank BUMN itu berhak untuk memperoleh prosedur penggantian, atau keputusan-keputusan dari pemberi tugas harus disampaikan secara transparan dan bernilai keadilan, jangan sampai ada unsur like and dislike," ujar Satya saat dihubungi, Senin (2/9). (Anis).

Rini Soemarno dinilai kontroversial dengan langkah dan keputusannya. Alinea.id/Dwi Setiawan.

Sponsored