sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kronologi wabah Coronavirus hingga ke Indonesia

Kasus coronavirus telah merenggut 1.492 nyawa di seluruh dunia dalam waktu kurang dari dua bulan yang mulai terdeteksi pada 30 Desember 2019

Fajar Yusuf Rasdianto
Fajar Yusuf Rasdianto Senin, 17 Feb 2020 07:07 WIB
Kronologi wabah Coronavirus hingga ke Indonesia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 502.110
Dirawat 63.722
Meninggal 16.002
Sembuh 422.386

Januari 2020, Li Wenliang, dokter salah satu rumah sakit di Kota Wuhan, China harus berurusan dengan pihak kepolisian lantaran diduga telah menyebarkan isu bohong terkait virus mematikan yang membuat gaduh satu negara.

Li dan delapan rekan sejawatnya dipaksa menandatangani surat pengakuan bahwa apa yang dikatakannya itu salah. Pemerintah China, kala itu, masih berupaya membungkam siapapun yang berani angkat bicara soal penyebaran virus yang belakangan diketahui bernama corona tersebut.

Setelah virus ini merebak, menjangkiti, dan membunuh ratusan orang, barulah pemerintah Tiongkok memberikan peringatan warganya untuk berhati-hati terhadap coronavirus.

Kota Wuhan yang dipercaya sebagai distrik awal wabah pneumonia itu ‘menetas’ diisolasi. Tidak ada satupun orang yang boleh keluar ataupun masuk kota ini. Siapapun, tidak peduli warga asli, pendatang, atau bahkan turis.

Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) pada Kamis (30/1) waktu setempat akhirnya menetapkan virus yang kini bernama COVID-19 (Coronavirus disease) itu sebagai kondisi gawat darurat global. Langkah ini ditetapkan menyusul jumlah korban tewas yang terus bertambah—saat itu angkanya sudah mencapai 213 orang.

Sampai artikel ini ditulis, virus corona sudah menjangkit 64.447 orang di seluruh dunia. Sebanyak 1.492 di antaranya meninggal dunia, sementara 7.081 kasus berhasil disembuhkan. Angka kematian terbanyak terjadi di Provinsi Hubei, China dengan total 1.318 kematian.

Sementara itu, total 238 WNI dari episenter penyebaran COVID-19 di Wuhan, China dievakuasi dan menjalani observasi di Kepulauan Natuna selama 14 hari untuk memastikan mereka tidak menunjukkan gejala-gejala penyakit tersebut.

Seluruh WNI diterbangkan dengan pesawat Boeing 737 dan Hercules milik TNI itu telah tiba di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta pada Sabtu (15/2). Ratusan WNI tersebut diberikan sertifikat sehat sebagai bukti observasi yang berjalan dengan baik dan dipastikan seluruhnya dalam kondisi sehat tanpa ada indikasi penularan coronavirus.

Sponsored

Infografik kronologi coronavirus. Alinea.id/Oky Diaz Fajar

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Senin, 23 Nov 2020 16:42 WIB
Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Minggu, 22 Nov 2020 14:48 WIB
Berita Lainnya