Potensi industri kosmetik lokal
Kementerian Perindustrian menyebutkan, pada 2017 pertumbuhan industri kosmetik mencapai 6,35%.

Direktur Utama PT Martina Berto Tbk. Bryan Tilaar menyebut, industri kosmetik ini akan ditopang subsektor perawatan kecantikan. Pertumbuhan pasar tersebut bisa mencapai 7% hingga 9% pada 2018.
Menurut Bryan, dilihat dari konsumennya, industri kosmetik pun terbilang unik.
“Saat kita melihat konsumen lebih dekat, ternyata sasarannya bukan hanya perempuan. Pria juga menjadi pengguna produk perawatan, seperti body and skin care,” kata Bryan, saat menjadi narasumber di acara Alinea Live bertajuk “Industri Kosmetik Menjadi Tuan Rumah di Negeri Sendiri” di Terroir Coffee & Eats, Jalan Wijaya Timur, Jakarta Selatan, Jumat (23/11).
Ada dua jenis kosmetik. Pertama, riasan wajah, seperti bedak, lipstik, perona pipi, dan pewarna mata. Kedua, perawatan tubuh, seperti deodoran, parfum, sabun, dan losion.

Derita jelata, tercekik harga pangan yang naik
Senin, 21 Feb 2022 17:25 WIB
Menutup lubang “tikus-tikus” korupsi infrastruktur kepala daerah
Minggu, 13 Feb 2022 15:06 WIB
Segudang persoalan di balik "ugal-ugalan" RUU IKN
Minggu, 23 Jan 2022 17:07 WIB
Mewujudkan e-commerce inklusif bagi penyandang disabilitas
Kamis, 30 Nov 2023 16:09 WIB
Potret kebijakan stunting dan pertaruhan Indonesia Emas 2045
Senin, 27 Nov 2023 16:01 WIB