logo alinea.id logo alinea.id

Segudang prestasi Jakarta Youth Choir

Kelompok paduan suara ini terbentuk pada Juli 2015. Jakarta Youth Choir merupakan grup binaan Dinas Pemuda dan Olahraga Pemprov DKI Jakarta.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Selasa, 12 Mar 2019 16:29 WIB
Segudang prestasi Jakarta Youth Choir

Pelatih dan choirmaster Jakarta Youth Choir Septo Adi Kristanto Simanjuntak mengatakan, awalnya Jakarta Youth Choir terbentuk dari program Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, yang mengadakan program pertukaran pemuda antarnegara (PPAN) pada 2015.

Lantas, para peserta diwajibkan menjalani pertunjukan langsung di kawasan kumuh Kalibaru, Cilincing, Jakarta Utara. Kemudian, mereka membuat sebuah kelompok paduan suara bersama anak-anak yang tinggal di kawasan itu untuk pentaskan di sana.

“Dari sana saya diskusi dengan Pak Limbong (Kepala Seksi Pemberdayaan Pemuda Dispora DKI Jakarta Ponirin Ariadi Limbong) kenapa tidak bikin juga kelompok paduan suara (profesional),” kata Septo di Teater Besar, TIM, Jakarta, Sabtu (9/3).

Beranjak dari sana, Septo yang juga merupakan alumnus program PPAN 2013 itu mengatakan rekrutmen. Akhirnya, Jakarta Youth Choir pun berhasil terbentuk.

Sponsored

Usai menjajal pentas di beberapa kota, mereka memberanikan diri mencoba ikut lomba paduan suara di luar negeri. Usaha ini tak sia-sia. 

Berbagai prestasi di tingkat internasional sudah diraih Jakarta Youth Choir.