logo alinea.id logo alinea.id

Segudang problem transportasi bus

Kenaikan harga tiket pesawat dan tol Trans Jawa secara tak langsung ikut membuat lonjakan penumpang bus.

Manda Firmansyah Armidis
Manda Firmansyah | Armidis Senin, 10 Jun 2019 18:43 WIB
Segudang problem transportasi bus

Kementerian Perhubungan memprediksi, bakal terjadi kenaikan penumpang sekitar 38% untuk moda transportasi darat, terutama bus. Ada dua penyebab, yakni mahalnya harga tiket pesawat dan pembangunan infrastruktur jalan tol Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Catatan untuk tiket pesawat, data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut, harga tiket pesawat yang mahal membuat jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Maret 2019 turun sebesar 6,03 juta (21,94%) dibandingkan Maret 2018 sebesar 7,73 juta. Penurunan jumlah penumpang tersebut dipicu kenaikan harga tiket pesawat yang terjadi sejak 2018.

“Saya kira ke depannya akan semakin banyak terminal. Pasti transportasi bus semakin baik. Apalagi jalan tol nanti ada Trans Sumatera, jika Trans Jawa sudah selesai tinggal nyambung ke Banyuwangi. Pasti nanti ada gairah membangun jalan lagi,” tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setyadi.

Lebih lanjut, Budi menuturkan, ia sudah mendapatkan laporan dari setiap operator transportasi bus terdapat kenaikan penumpang sebesar 15% hingga 20%.

Sponsored

Segudang masalah masih dijumpai pada moda transportasi bus.