sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

UMKM perempuan berdayakan pengrajin dengan semangat digitalisasi

UMKM perempuan turut andil memberdayakan pengrajin di desa dengan memasarkan produk mereka lewat marketplace.

Kartika Runiasari
Kartika Runiasari Rabu, 16 Mar 2022 16:58 WIB
UMKM perempuan berdayakan pengrajin dengan semangat digitalisasi

Tokopedia mencatat jumlah perempuan pelaku UMKM di Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada 2021 dibandingkan 2020.

“Tokopedia juga melihat beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan paling tinggi dalam hal jumlah perempuan pegiat usaha lokal selama 2021. Ada Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan. Namun bukan berarti kota lain tidak berkembang,” ujar Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena.

Adapun kategori fashion, kecantikan dan rumah tangga merupakan kategori-kategori yang populer di 2021. Hal ini tak lepas dari kolaborasi mitra-mitra strategis seperti Noesa dan Studio Dapur yang menggandeng UMKM-UMKM lain di desa.

Alinea.id mengulas peran pengusaha perempuan yang memberdayakan pengrajin di desa dengan semangat digitalisasi dalam artikel ini.

Sponsored

Ilustrasi Alinea.id/Firgie Saputra.

Berita Lainnya
×
tekid