UMKM perempuan berdayakan pengrajin dengan semangat digitalisasi
UMKM perempuan turut andil memberdayakan pengrajin di desa dengan memasarkan produk mereka lewat marketplace.

Tokopedia mencatat jumlah perempuan pelaku UMKM di Tokopedia meningkat 2,5 kali lipat pada 2021 dibandingkan 2020.
“Tokopedia juga melihat beberapa kota di Indonesia mengalami peningkatan paling tinggi dalam hal jumlah perempuan pegiat usaha lokal selama 2021. Ada Pekanbaru, Palembang, Pekalongan, Denpasar dan Balikpapan. Namun bukan berarti kota lain tidak berkembang,” ujar Head of Product (Campaign) Tokopedia, Helena.
Adapun kategori fashion, kecantikan dan rumah tangga merupakan kategori-kategori yang populer di 2021. Hal ini tak lepas dari kolaborasi mitra-mitra strategis seperti Noesa dan Studio Dapur yang menggandeng UMKM-UMKM lain di desa.
Alinea.id mengulas peran pengusaha perempuan yang memberdayakan pengrajin di desa dengan semangat digitalisasi dalam artikel ini.

Derita jelata, tercekik harga pangan yang naik
Senin, 21 Feb 2022 17:25 WIB
Menutup lubang “tikus-tikus” korupsi infrastruktur kepala daerah
Minggu, 13 Feb 2022 15:06 WIB
Segudang persoalan di balik "ugal-ugalan" RUU IKN
Minggu, 23 Jan 2022 17:07 WIB
De-Soekarnoisasi Orde Baru bikin nama Stadion Gelora Bung Karno lenyap
Sabtu, 21 Mei 2022 13:05 WIB
Melestarikan ragam cokelat Indonesia yang sehat dan lezat lewat marketplace
Jumat, 20 Mei 2022 17:14 WIB