sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Upaya maskapai penerbangan bertahan di tengah krisis

Maskapai penerbangan melakukan berbagai langkah untuk segera pulih dari masa krisis.

Syah Deva Ammurabi
Syah Deva Ammurabi Jumat, 14 Agst 2020 19:59 WIB
Upaya maskapai penerbangan bertahan di tengah krisis
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 278722
Dirawat 61379
Meninggal 10473
Sembuh 206870

Pandemi Covid-19 terbukti telah memukul perekonomian Tanah Air. Salah satu sektor yang menyumbang kontraksi pertumbuhan ekonomi adalah industri penerbangan. Pertumbuhan sektor ini anjlok terutama pada bulan April dan Mei 2020.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengakui pandemi memukul sektor transportasi di Indonesia, termasuk transportasi udara yang kini terancam mengalami kebangkrutan. “Kita harus mengakui transportasi mengalami situasi yang parah. Diprediksi omzet mengalami penurunan 30%, bahkan transportasi udara bisa lebih dari 50%. Hal ini tentu membuat ancaman bangkrut,” tuturnya dalam webinar yang diadakan oleh Masyarakat Transportasi Indonesia, Selasa (11/8).

Terpuruknya sektor transportasi berimbas pada lesunya sektor pariwisata. Begitu juga dengan sektor logistik yang terdampak oleh kenaikan biaya kargo akibat terhentinya operasional penerbangan. 

“Secara umum dampak pandemi terhadap industri penerbangan nasional tampak moderat pada kuartal pertama, dan menurun tajam pada bulan Maret. Memasuki kuartal kedua amat berat. Kita harapkan kuartal ketiga akan membaik,” jelasnya.

Sponsored

Alinea.id mengulas lesunya industri penerbangan di kala pandemi disini.

Berita Lainnya