sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

12 cara cerdas untuk pencitraan merek memanfaatkan konten buatan konsumen

UGC juga membantu membangun kepercayaan dan keyakinan konsumen dalam bisnis.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Kamis, 21 Okt 2021 19:04 WIB
12 cara cerdas untuk pencitraan merek memanfaatkan konten buatan konsumen

Eksekutif komunikasi, Public Relations, urusan masyarakat dan eksekutif relasi media dari Forbes Communications Council berbagi wawasan langsung. Bagaimana wawasan mereka dapat bermanfaat untuk pencitraan?

Konten buatan pengguna (user-generated content/UGC) — baik itu audio, video, gambar, atau teks yang dibuat oleh konsumen, bukan oleh profesional pemasaran — sangat berharga bagi merek (brand) yang ingin terhubung dan melibatkan konsumen dengan cara yang autentik. UGC tidak hanya menyediakan cara mudah untuk meningkatkan dan melengkapi jaminan pemasaran merek, tetapi juga membantu membangun kepercayaan dan keyakinan konsumen dalam bisnis.

Jika Anda belum banyak menggunakan UGC dalam strategi pemasaran konten Anda, tidak pernah ada waktu yang lebih baik untuk memulai. Di bawah ini, anggota Forbes Communications Council (Dewan Komunikasi Forbes) membagikan 12 cara cerdas untuk memanfaatkan UGC dan menjelaskan mengapa metode ini sangat efektif.

1. Gunakan Video Testimonial Sebagai Aset Digital

Video testimonial adalah UGC yang hebat, karena dapat dibuat dengan mudah menggunakan perangkat digital pribadi. Pastikan Anda memberikan petunjuk dalam kampanye Anda untuk pengguna/pelanggan. Ini adalah aset yang bagus untuk situs web, saluran YouTube, dan kampanye media sosial Anda. Pastikan untuk menjalankan kampanye Anda secara legal untuk memastikan Anda dapat memperoleh hak atas konten UGC ini. - Yana Nigen, WRAP

2. Andalkan UGC Untuk Membantu Memprioritaskan Fitur Peta Jalan Produk

UGC tidak hanya sangat berharga bagi citra, tetapi juga bisa menjadi cara yang brilian untuk membuat pemegang merek memperhatikan pemberi pengaruh sejati di komunitas mereka. Saya telah bekerja dengan merek teknologi B2B (bisnis-ke-bisnis) besar yang menggunakan konten untuk membantu memprioritaskan fitur peta jalan produk utama, dan saya bahkan telah melihat contoh di mana pengguna akan mendiskusikan target akuisisi atau teknologi keren yang harus dipikirkan perusahaan untuk ditambahkan ke portofolio mereka. - Aula Dayle, SnapLogic

3. Bukalah Konten Viral UGC Dan Gunakan Dalam Kampanye

Sponsored

Saya suka bagaimana Applebee (perusahaan Amerika yang mengembangkan, mewaralabakan, dan mengoperasikan jaringan restoran Applebee's Neighborhood Grill+Bar) saat ini memanfaatkan video TikTok untuk kampanye TV terbarunya yang menampilkan lagu Walker Hayes "Fancy Like," yang merupakan konten buatan pelanggan. Meskipun lagu tersebut mengandung lirik tentang item menu Applebee, seperti steak Bourbon Street, Walker menulisnya tanpa keterlibatan pemegang merek. UGC adalah cara yang bagus bagi merek untuk menangkap keberuntungan. - Jessica Abel, G7 Entertainment Marketing

4. Promosikan UGC Di Facebook Dan Instagram Stories

UGC adalah jenis konten favorit saya untuk dipromosikan di media sosial, terutama jika itu asli untuk merek Anda. Saat ini, cara cerdas untuk memanfaatkannya adalah dengan membagikannya melalui cerita Facebook dan Instagram sebagai titik kontak cepat, karena Anda dapat memposting beberapa bagian secara bersamaan. Pikirkan tentang bagaimana Applebee menggunakan lagu terkenal TikTok "Fancy Like" dalam iklan barunya. Anda harus segera melakukannya dan memanfaatkan buzz saat masih segar. - Layla Kasha, Grocery Outlet

5. Tunjukkan Pelanggan Anda Sebagai Para Pakar

UGC sangat bagus untuk menghasilkan ulasan dan studi kasus, tetapi selangkah lebih maju dan berikan platform kepada pelanggan Anda untuk berbagi kiat, trik, dan perbaikan konsep sederhana yang meningkatkan produk atau layanan Anda. Atau minta pelanggan untuk membagikan video yang menampilkan produk/solusi Anda. Berbagi sorotan dengan pelanggan menumbuhkan basis pelanggan setia yang lebih kuat dan menambah keaslian pemasaran merek Anda. - Jocelyn Sexton, Dover Fueling Solutions

6. Perkuat Kata-kata Para Penggemar Dari Berbagai Ulasan Sebagai Kutipan

Merek dapat memperoleh manfaat dari konten yang dibuat pengguna tanpa harus menjalankan seluruh video atau menerbitkan seluruh bagian halaman. Berbagi kutipan yang kuat di media sosial atau mengekstraksi satu kalimat dari ulasan daring untuk digunakan di papan iklan adalah dua cara sederhana untuk memperkuat kata-kata penggemar secara elegan. Maksimalkan UGC dengan mengedit kiriman hingga ke esensinya sambil tetap mempertahankan niat aslinya. - Merrily McGugan, LogicMonitor

7. Kolaborasi Dalam Masalah

Cobalah nilai target pelanggan Anda dan temukan masalah umum yang mereka hadapi. Apakah ini titik kesulitan yang cukup besar untuk menciptakan inisiatif dan sesuatu yang dapat diselesaikan dengan lebih baik bersama sebagai sebuah industri? Bangun percakapan kolaboratif seputar tantangan itu dan ciptakan peluang yang dapat ditindaklanjuti untuk berkontribusi, terus perjuangkan dan dorong kolaborator untuk mempromosikan keterlibatan mereka. - Sarah O'Sell, Anim8

8. Tunjukkan Bagaimana Anda Bertindak Atas Umpan Balik Pelanggan

Manfaatkan UGC untuk menunjukkan bagaimana Anda mengambil konten pelanggan dan menindaklanjutinya untuk meningkatkan penawaran Anda. Ini adalah cara jenius untuk menunjukkan bahwa umpan balik pelanggan penting bagi merek Anda dan itu benar-benar dapat membantu mendorong perubahan. Tunjukkan umpan balik spesifik dan apa yang membantu Anda mengubah produk atau layanan Anda. Itu kemudian akan menginspirasi orang lain untuk memberikan umpan balik yang dapat dieksekusi. - Charlie Terenzio, Newswire

9. Manfaatkan Konten Diskusi Panel Pelanggan

Kumpulkan panel pelanggan cerdas untuk terlibat dalam percakapan seputar topik penting bagi industri Anda melalui webinar, podcast, atau bentuk kolaborasi digital lainnya. Konten yang dihasilkan kemudian dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara, termasuk dalam postingan blog, postingan media sosial, dan studi kasus. Kami telah melakukan ini dengan sangat sukses dan akan terus melakukan lebih banyak jenis acara ini. - Jim Hardeman, CMX

10. Hadiahi Pelanggan yang Berbagi UGC

Satu perusahaan yang saya kenal mengirimkan kartu hadiah kepada siapa saja yang memposting video diri mereka menggunakan produk perusahaan dan membicarakannya. Perusahaan khusus ini jelas yakin bahwa UGC akan secara konsisten menunjukkan penggunaan produk yang positif. Namun, ini bukan cara yang baik untuk mempromosikan produk Anda jika Anda tidak 100% yakin bahwa setiap video akan menghasilkan peringkat positif yang Anda inginkan. - Boaz Santiago, energyware™

11. Gunakan UGC Dalam Video atau Grafik Promosi

UGC dapat digunakan dalam video atau grafik promosi. Ulasan atau testimonial yang ditulis pengguna, misalnya, menghasilkan cuplikan yang menarik di iklan selular atau iklan YouTube. Namun, pastikan Anda menerima persetujuan keikutsertaan sehingga penyertaan mereka dalam iklan diizinkan. - Amine Rahal, Regal Assets

12. Dorong Testimoni Klien Atau Bermitra Dengan Influencer

Mendorong klien Anda untuk mengirimkan testimonial selalu merupakan cara yang bagus untuk menangkap UGC. Jika Anda mencari sesuatu yang tidak terlalu dipaksakan, Anda selalu dapat bermitra dengan influencer yang secara aktif menggunakan produk Anda dan meminta mereka membuat konten yang dipersonalisasi yang dapat Anda gunakan untuk pemasaran juga. - Christian Anderson, Lost Boy Entertainment Company. (forbes)

Berita Lainnya
×
tekid