sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Budayakan literasi menuju mahasiswa kritis, LPM Kampus Ungu helat Pondok Jurnalistik

Sebanyak 45 mahasiswa mengikuti Pondok Jurnalistik yang berlangsung dua hari.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Kamis, 21 Apr 2022 20:08 WIB
Budayakan literasi menuju mahasiswa kritis, LPM Kampus Ungu helat Pondok Jurnalistik

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Kampus Ungu Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada Bojonegoro (STIKes ICsada Bojonegoro) menghelat acara Pondok Jurnalistik di kampus mereka, Sabtu (16/4).

Sebanyak 45 mahasiswa mengikuti Pondok Jurnalistik yang berlangsung dua hari, hingga Minggu (17/4) pagi. Ini merupakan acara yang rutin diadakan LPM Kampus Ungu setiap tahun pada bulan suci Ramadan.

Acara tahun ini mengangkat tema "Malam Keakraban Membangun Budaya Literasi Menuju Mahasiswa Kritis dan Upgrading Anggota Jurnalistik".

Bagaimana para peserta antusias menyiapkan diri bisa disimak melalui komentar Siti Lailatul Rohma dari kelas 2B. "Untuk persiapannya, pertama, pasti 'kan mental, karena jauh dari orang tua. Jadi 'kan belajar tidak harus diingatkan lagi oleh orang tua," katanya.

Sementara, di tempat yang sama, Redita dari kelas 2B turut menanggapi tentang persiapan dirinya. "Jadi untuk persiapan Pondok Jurnalistik ini harus menyiapkan diri, misalnya barang-barang (bawa sendiri). Dan juga, misalnya, yang punya penyakit bawaan perlu menyiapkan obat-obatan pribadi sendiri. Dan yang pasti, tetap mentalnya disiapkan," katanya.

STIKes ICsada Bojonegoro merupakan satu-satunya Kampus Kesehatan di Bojonegoro, Jawa Timur, yang sudah terakreditasi B, dengan membuka program studi S1 Keperawatan dan profesi Ners, alih jenjang S1 Keperawatan, dan D3 Kebidanan.

"Alhamdulillah, agak lumayan (capek). Tapi sangat menyenangkan sekali karena kita bisa berkumpul dengan adik-adik dan kakak-kakak di LPM (Kampus Ungu) ini," kata salah satu panitia.

"Untuk ke depan, acara Pondok Jurnalistik ini mungkin perlu ditambah lagi. Angkatan per angkatan itu supaya perwakilannya ditambah agak banyak, jadi kita bisa tahu alumni LPM dan lainnya," pungkasnya seperti dipirsa di kanal ICsada TV.

Berita Lainnya