sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Gojek dan AMSI gelar lomba jurnalistik

Ajang KPAB kedua ini mengusung tema "Layanan Platform Digital, Andalan Bangkit Bersama Hadapi Pandemi".

Asyifa Putri
Asyifa Putri Selasa, 28 Sep 2021 14:51 WIB
Gojek dan AMSI gelar lomba jurnalistik

Gojek bersama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) kembali menggelar Kreasi Pewarta Anak Bangsa (KPAB) pada 27 September-30 Oktober 2021. Ajang penghargaan bagi jurnalis ini mengusung tema “Layanan Platform Digital, Andalan Bangkit Bersama Hadapi Pandemi." 

“Insan pers berkontribusi sangat besar dalam menginspirasi dan turut mencerdaskan bangsa melalui karya-karya jurnalistik. Insan pers juga berperan besar dalam mendorong Gojek untuk selalu berinovasi guna mendukung masyarakat menjalankan protokol kesehatan dan tetap produktif meski kita masih berada di tengah pandemi," ucap VP Corporate Communications Gojek sekaligus Ketua Penyelenggara KPAB, Audrey Progastama Petriny, dalam keterangan tertulis, Selasa (28/9).

Melalui KPAB 2021, dia berharap, semakin banyak karya-karya jurnalistik yang berkualitas. Pangkalnya, produk yang dihasilkan berupaya mendorong masyarakat tetap positif dan produktif di tengah pandemi. "Ini sejalan dengan berbagai inovasi layanan yang dihadirkan oleh platform digital."

Pernyataan senada disampaikan Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut. "Kami berharap, kompetisi ini dapat menggairahkan optimisme masyarakat agar tetap produktif selama pandemi tanpa mengabaikan protokol kesehatan," katanya.

Kegiatan tersebut dapat diikuti jurnalis cetak dan daring . Mereka yang dapat berpartisipasi adalah wartawan yang bekerja di media dengan cakupan nasional & Jabodetabek, Sumatra (Medan, Palembang, dan Batam); Indonesia Timur (Makassar, Manado, Balikpapan, dan  Banjarmasin); Jawa Barat (Bandung); Semarang, Jogja Raya; Solo; Jawa Timur (Surabaya), dan Bali.

Ketentuan karya tulis yang dapat diikutsertakan dalam lomba adalah feature dengan batas karakter 2.000-5.000 serta dimuat pada media cetak dan online mulai 1 September-30 Oktober 2021.

Para pemenang nantinya akan dipilih dari masing-masing wilayah tersebut. Kategori nasional & Jabodetabek bakal dipilih 18 peraih penghargaan. Juara 1 akan mendapatkan piagam penghargaan, uang tunai Rp13 juta, dan akses gratis GoPlay selama 1 tahun.

Sedangkan juara 2 mendapatkan piagam penghargaan, uang tunai Rp10 juta, dan akses gratis GoPlay selama 6 bulan dan juara 3 menerima piagam penghargaan, uang tunai Rp8 juta, dan akses gratis GoPlay 3 bulan. Adapun 15 cerita pilihan masing-masing akan mendapatkan saldo GoPay Rp1 juta.

Sponsored

Untuk kategori regional, panitia bakal memilih 72 pemenang di masing-masing wilayah Sumatra, Indonesia Timur, Jabar-Jateng-DIY, dan Jatim-Bali. 
Juara 1 akan mendapatkan piagam penghargaan, uang tunai Rp13 juta, dan akses gratis GoPlay 1 tahun.

Berikutnya, juara 2 menerima piagam penghargaan, uang tunai Rp10 juta, dan akses gratis GoPlay 6 bulan, dan juara 3 diganjar piagam penghargaan, uang tunai Rp8 juta, dan akses gratis GoPlay 3 bulan. Selain itu, terdapat saldo GoPay senilai Rp1 juta masing-masing untuk 15 cerita pilihan.

Dewan juri dalam KPAB kedua ini berasal dari perwakilan AMSI dan Gojek. Kriteria penilaian berdasarkan kesesuaian karya dengan tema, orisinalitas ide, kualitas dan kedalaman penulisan, serta penyajian.

Gojek pun bakal membagikan hadiah berupa voucer gratis berlangganan GoPlay selama 30 hari bagi 50 pendaftar pertama. Informasi lebih lanjut tentang KPAB 2021 dapat diakses di bit.ly/KPAB2021 dan pendaftaran dapat diakses melalui Google Form di bit.ly/KPAB_GojekAMSI atau surel ke [email protected].

Berita Lainnya
×
tekid