sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Jokowi ke Istana Kremlin, sorotan media Rusia hanya soal pernyataan Putin

Sorotan media pemerintah Rusia Tass hanya tertuju pada Putin dan apa yang disampaikannya setelah pertemuan. 

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 01 Jul 2022 07:11 WIB
Jokowi ke Istana Kremlin, sorotan media Rusia hanya soal pernyataan Putin

Presiden Rusia Vladimir Putin menerima Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/7). Sorotan media pemerintah Rusia Tass hanya tertuju pada Putin dan apa yang disampaikannya setelah pertemuan. 

"Rusia siap penuhi permintaan pupuk negara sahabat - Putin." Demikian judul headline agen berita terbesar di Rusia itu. Foto yang ditampilkan pada artikel yang mengambil pernyataan Putin saat konferensi pers bersama dengan Presiden Jokowi itu hanya Putin seorang diri.

Tass kemudian mengutip pernyataan Putin bahwa Rusia siap memenuhi sepenuhnya kebutuhan pupuk produsen pertanian dari negara sahabat.

"Kami berbicara tentang isu-isu yang menarik untuk saat ini bagi seluruh dunia, semua negara. Maksud saya pasokan bahan makanan, barang pertanian lainnya, termasuk pupuk mineral, ke pasar global," kata Putin  dalam konferensi pers, setelah melakukan pembicaraan dengan Jokowi.

Putin menyatakan Rusia siap siap untuk sepenuhnya memenuhi permintaan produsen pertanian dari Indonesia dan negara-negara sahabat lainnya untuk nitrogen, fosfat, pupuk kalium dan bahan baku untuk produksi.

"Kami tentu berniat untuk terus menjalankan dengan itikad baik komitmen kontrak kami pada pasokan bahan makanan, pupuk, serta sumber daya energi dan barang-barang penting lainnya," kata Presiden Putin. Inilah mengapa sangat penting untuk memulihkan rantai pasokan yang terganggu oleh sanksi, tambah Putin.

Sebelum bertolak ke Rusia, Jokowi menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky di Kiev, Ukraina. Di berbagai media disebut bahwa perjalanan Jokowi menemui dua pemimpin negara yang tengah berperang itu membawa misi perdamaian. Jokowi menyatakan siap untuk membawa pesan dari Kiev ke Moskow untuk misi itu. 

Salah satu tujuan yang juga tak kalah penting dalam kunjungan ini adalah agenda pembicaraan mengenai situasi pangan global di mana saat ini sangat terdampak oleh perang Rusia-Ukraina. Pasalnya, rantai pasok pangan dan pupuk dari kedua negara itu menjadi terganggu bahkan terputus akibat perang.

Sponsored
Berita Lainnya
×
tekid