sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Penerbit terkemuka pertimbangkan untuk tuntut BBC

Sangat keterlaluan bagi BBC untuk memusnahkan liputan seninya

Arpan Rachman
Arpan Rachman Selasa, 14 Mar 2023 19:59 WIB
Penerbit terkemuka pertimbangkan untuk tuntut BBC

Penerbit regional Britania terkemuka National World mengatakan sedang mempertimbangkan untuk menempuh upaya hukum terhadap BBC atas rencananya untuk meluncurkan layanan online lokal baru di empat kota Inggris yang sudah dilayani oleh kelompok media independen.

Karena memangkas penawaran seni dan radio lokalnya, BBC berencana untuk memperluas peliputan berita lokal digitalnya ke Bradford, Sunderland, Wolverhampton, dan Peterborough -- kota-kota yang memiliki tradisi jurnalisme lokal yang dihormati dari sejumlah media seperti Bradford Telegraph dan Argus, Sunderland Echo, Wolverhampton Express dan Star dan Peterborough Telegraph.

National World – yang menerbitkan Sunderland Echo dan Peterborough Telegraph bersama dengan ratusan surat kabar dan situs web lainnya – mengatakan bahwa pihaknya juga berbicara dengan penerbit regional independen lainnya, Newsquest dan Midland News Association, yang bertanggung jawab atas operasi berita di Bradford dan Wolverhampton untuk mengundang mereka bergabung dengan tindakan hukum.

Rencana BBC juga akan melihat pemindahan sumber daya ke berita online harian untuk 43 wilayah lokal Inggris, dengan pembentukan 11 tim pelaporan investigasi di seluruh negeri dan sekitar 131 peran tambahan di seluruh layanan berita lokal, dengan berita lokal yang lebih mudah ditemukan.

Sponsored

Gary Shipton, wakil pemimpin redaksi National World berkata: "Sangat keterlaluan bagi BBC untuk memusnahkan liputan seninya - dengan pemotongan yang menghancurkan pada tiga orkestra Inggris dan menutup paduan suara BBC Singers - dan tim peliputan radio lokalnya sementara membelanjakan biaya lisensi yang diperoleh dengan susah payah dari publik untuk proyek-proyek batil yang secara langsung bersaing dengan penerbit lokal yang disegani.

"Semua yang akan dicapai BBC melalui perilaku anti-persaingan yang tidak masuk akal dan dipikirkan dengan buruk ini mempertaruhkan lebih banyak pekerjaan jurnalis di sektor swasta. Untuk alasan itu, kami sekarang mencari nasihat hukum tentang tindakan potensial yang dapat kami ambil. Tentu saja kami berbicara dengan penerbit utama di Bradford dan Wolverhampton untuk mengetahui apakah mereka ingin bekerja sama dengan kami. Menolak BBC adalah salah satu opsi yang sedang kami pertimbangkan," pungkasnya.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid