sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Upaya menempa jurnalis untuk menghasilkan liputan ekonomi berprespektif lingkungan

AJI Indonesia berharap liputan yang dihasilkan dapat menjadi sumber pengetahuan baru bagi masyarakat, swasta, dan khususnya pemerintah.

Arpan Rachman
Arpan Rachman Jumat, 25 Feb 2022 19:04 WIB
Upaya menempa jurnalis untuk menghasilkan liputan ekonomi berprespektif lingkungan

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) kerja bareng dengan Traction Energy Asia menyelenggarakan Akademi Jurnalisme Ekonomi Lingkungan. Bertajuk pelatihan mendalam terkait isu ekonomi lingkungan, diikuti para jurnalis dari desk ekonomi. Meningkatkan kapasitas mereka dalam menghasilkan liputan ekonomi yang berperspektif lingkungan, itu yang diharapkan didapati peserta yang berpartisipasi.

Pelatihan diselenggarakan pada Oktober-November tahun lalu, berlanjut liputan hingga Januari 2022, dan hasilnya karya jurnalistik telah terbit pada bulan Februari. Program ini diselesaikan dengan Wisuda Angkatan I.

"Saya sudah membaca karya teman-teman semuanya, sangat luar biasa, bisa kita rasakan perbedaannya. Kalau dulu, jurnalis ketika menulis berita lingkungan hanya lingkungan saja. Sementara desk ekonomi menulis hanya terpatok di berita ekonomi saja. Tapi setelah akademi ini terlihat dari tulisan teman-teman itu cukup komprehensif, ada sisi ekonomi tapi lingkungannya juga terlihat dalam karya-karya yang dihasilkan," kata Ketua Aliansi Jurnalis Independen Sasmito Madrim, Senin (21/2/2022).

Tentu kalau ingin mendorong isu keberlanjutan, kata Sasmito, memang ekonomi dan lingkungan tidak bisa dipisahkan satu sama lain. "Kita bisa banyak belajar dari pembangunan yang dilakukan di berbagai daerah yang terfokus pada pertumbuhan ekonomi, itu terbukti menyebabkan deforestasi lingkungan dan dampak pada kehidupan masyarakat sekitar yang terjadi di mana-mana," bubuhnya.

Menurut Madrim, AJI Indonesia berharap liputan yang dihasilkan dapat menjadi sumber pengetahuan baru bagi masyarakat, swasta, dan khususnya pemerintah.

"Kita sangat berharap liputan-liputan ini bisa menjadi dasar dalam membuat kebijakan di berbagai daerah. Ekonomi dan lingkungan tidak bisa dipisahkan untuk keberlanjutan di masyarakat. Semoga teman-teman peserta bisa menularkan ilmu pengetahuan yang juga didapat dari para mentor dan pembicara selama program ini," ujarnya.

Sambutan baik atas kegiatan juga diutarakan oleh Sudaryadi. Sebagaimana diketahui bersama bahwa rangkaian kegiatan pendidikan dan pelatihan tentang isu ekonomi dan isu lingkungan, baik dalam konteks faktual dan perspektif filosofisnya, yang menjadi matra utama dalam akademi tersebut telah selesai, menurut Direktur Riset Traction Energy Asia ini.

Dikatakan, kerja sama AJI dan Traction Energy Asia untuk mengenali masalah dasar dan filosofisnya terhadap beberapa isu lingkungan yang aktual dan strategis, yang mungkin saat ini tengah menjadi perhatian masyarakat.

Sponsored

"Harapan nantinya, para peserta kegiatan ini mampu menghadirkan liputan yang lebih dalam, mendetail, sudut pandangnya lebih lengkap dan akurat," sambungnya.

Dihadiri 20 jurnalis, kegiatan ini meliputi kelas online, offline, dan beberapa aktivitas liputan. Ini akan memperkuat khazanah berpikir jurnalis mencermati isu-isu lingkungan. Karena biasanya sektor ekonomi sering dihadapkan trade-off antara ekonomi dan isu lingkungan.

Berita Lainnya