sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Ahmad Riza Patria menang telak pada pemilihan wagub DKI 

Riza memperoleh 81 suara, sementara lawannya dari Fraksi Partai PKS Nurmansjah Lubis mendapatkan sebanyak 17 suara.

Ardiansyah Fadli
Ardiansyah Fadli Senin, 06 Apr 2020 12:40 WIB
Ahmad Riza Patria menang telak pada pemilihan wagub DKI 
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Hasil pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta yang diselenggarakan pada hari ini, Senin (6/4) akhirnya dimenangkan cawagub nomor urut 1 dari Fraksi Partai Gerindra Ahmad Riza Patria. 

Riza memperoleh 81 suara, sementara lawannya dari Fraksi Partai PKS Nurmansjah Lubis mendapatkan sebanyak 17 suara. 

"Nomor urut pertama Ahmad Riza Patria mendapatkan 81 suara. Nomor urut dua Nurmansjah Lubis mendapatkan 17 suara. Total suara sah 98. Suara tidak sah ada dua," ungkap Ketua Panitia Pemilihan (Panlih), Farazandi Fidinansyah di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4).

Adapun jumlah suara sah sebanyak 98 suara, sementara suara tidak sah dua suara. Total yang terdaftar dalam absensi sebagai pemilih dan telah disepakati oleh pimpinan DPRD dan anggota DPRD yang hadir dalam ruangan sebanyak 100 orang. 

Gelaran pilwagub sempat mendapatkan penolakan dari berbagai pihak lantaran acara tersebut digelar di tengah maraknya Covid-19 di Jakarta. 

Namun Anggota Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Andyka mengatakan pemilihan wagub dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan terutama dalam melakukan pscyhcal distancing.  Dia menyebut telah melibatkan kepolisian dan Dinas Kesehatan DKI untuk memastikan protokol tersebut dapat berjalan. 

"Dari pihak kepolisian dan Dinas Kesehatan sudah melihat langsung seperti apa kami menata (ruangan)," kata Anggota Panitia Pemilihan Wagub DKI Andyka saat dikonfirmasi, Senin (6/4).

Andyka menuturkan mereka yang hadir dalam agenda tersebut dibatasi. Di dalam ruangan tidak lebih dari 100 orang. Panlih juga memasang kamera pendeteksi panas. Sebelum masuk ruangan anggota yang hadir juga diminta menggunakan hand sanitizer.

Sponsored

"Kami menata cukup baik dengan protokoler yang cukup baik juga. Dalam ruangan kami tata dan menjaga jarak antar meja yang mulanya diisi dua orang, sekarang hanya diisi satu orang saja. Di dalam ruangan tidak lebih dari 100," ungkapnya.

Agenda ini tertutup bagi media yang mau meliput langsung. DPRD DKI menggantinya dengan menyediakan kanal live streaming yang hanya bisa diakses di pressroom Balai Kota DKI. Sehingga, masyarakat yang mau menyaksikan langsung harus mengurungkan keinginannya. 

Hasil dari pemilihan wagub akan diserahkan kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Setelah itu, wagub terpilih Riza Patria akan dilantik oleh Presiden di Istana Negara.

Berita Lainnya