logo alinea.id logo alinea.id

Arus mudik dan balik Lebaran 2018 diyakini jauh lebih baik

Tahun ini diupayakan bisa lebih baik lagi dengan terus melakukan perbaikan, penyelesaian infrastruktur salah satunya jalan tol dan nontol.

Hermansah
Hermansah Rabu, 16 Mei 2018 12:46 WIB
Arus mudik dan balik Lebaran 2018  diyakini jauh lebih baik

Kondisi mudik dan balik pada Lebaran 2018 diyakini akan lebih baik dibanding tahun sebelumnya, menyusul sudah selesainya sejumlah ruas jalan tol dan membaiknya jalan nontol.

"Pemerintah terus berupaya menyelesaikan infrastruktur jalan untuk bisa digunakan mudik dan balik, sehingga layak dan aman digunakan pemudik," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, seperti dilansir Antara di Semarang, Rabu (16/5).

Sebenarnya, pelaksanaan arus mudik Lebaran tahun lalu sudah baik. Tetapi  tahun ini diupayakan bisa lebih baik lagi dengan terus melakukan perbaikan, penyelesaian infrastruktur salah satunya jalan tol dan nontol.

"Presiden(Joko Widodo) sudah memerintahkan agar pelaksanaan mudik bisa lebih lancar dibanding tahun lalu, walaupun tahun lalu sudah berjalan baik," kata Menhub.

Untuk memastikan kondisi jalan tol dan nontol dalam kondisi baik, Menhub bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono akan menelusuri jalur darat sepanjang pantai utara (Pantura).

"Rencananya 21 Mei saya bersama Menteri PUPR dan kepolisian akan menelusuri dan mengecek kondisi jalan," katanya.

Pembangunan jalan tol Jakarta -Surabaya saat ini sebagian besar sudah bisa dilalui dan sebagian masih berstatus fungsional, yaitu bisa dilalui tapi belum sempurna jalannya dan gratis.

Demikian pula dengan jalan nasional atau jalan nontol, kondisinya dari Jakarta ke Surabaya juga mulus dan aman dilalui.

Sponsored

Menhub Budi minta pemudik yang menggunakan mobil bisa memilih jalan nasional nontol untuk mudik dan balik, sehingga tidak selalu bertumpu di jalan tol.

Terkait adanya kekhawatiran pasar tumpah yang berada di jalan nasional nontol, Menhub mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian dan Kementerian PUPR untuk bisa ditertibkan seperti tahun lalu.