sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Demokrat kecewa usul Pansus Jiwasraya belum direspons

Usulan ini telah memenuhi syarat. Misalnya, diusulkan lebih dari 25 orang dan lebih dari satu fraksi.

Fadli Mubarok
Fadli Mubarok Sabtu, 15 Feb 2020 11:21 WIB
Demokrat kecewa  usul Pansus Jiwasraya belum direspons
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 128776
Dirawat 39082
Meninggal 5824
Sembuh 83710

Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat Didik Mukrianto, merasa kecewa dengan pimpinan DPR yang belum juga merespons rekomendasi pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Jiwasraya.

Padahal sejak Selasa (4/2), Fraksi Demokrat dan PKS telah menyampaikan usulan pembentukan Pansus Jiwasraya kepada pimpinan DPR. Usulan tersebut telah diterima oleh Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin.

"Pansus adalah hak dari setiap anggota DPR. Pansus ditentukan melalui mekanisme administrasi yang juga diatur di dalam tata tertib. Artinya kalau bicara administrasi, pengusulan Pansus ini sudah memenuhi apa yang gariskan undang-undang dan tata tertib," kata Didik di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/2).

Oleh karena itu, seharusnya pimpinan DPR segera menindaklanjuti usulan tersebut. Pasalnya jika merujuk pada aturan usulan pembentukan Pansus, usulan ini telah memenuhi syarat. Misalnya, diusulkan lebih dari 25 orang dan lebih dari satu fraksi.

Ketua DPP Partai Demokrat ini merasa, sudah sepatutnya pimpinan DPR memanggil Badan Musyawarah untuk mengagendakan Rapat Paripurna (Rapur). Pada Rapur inilah keputusan diambil.

"Apakah kemudian diskursusnya jadi Pansus atau tidak, kembali kepada anggota dewan semuanya. Demokrat betul-betul ingin membongkar secara utuh," tegas dia.

Kalau pimpinan DPR belum merespons usulan mereka, Didik menegaskan, Demokrat tidak akan lelah untuk terus menerus mengingatkan. Baik di dalam Bamus maupun berbagai kesempatan tertentu.

Usulan pembentukan Pansus Jiwasraya telah diserahkan Fraksi Demokrat dan PKS. Adapun total anggota DPR dari kedua fraksi tersebut yang menandatangi usulan pembentukan Pansus adalah 104 orang. Mencakup dari 50 orang anggota DPR Fraksi PKS dan 54 orang Fraksi Demokrat.

Sponsored
Berita Lainnya