sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Dilaporkan Garuda Indonesia, Rius Vernandes mengaku tak takut

Tak lama Iagi pihak kepolisian akan memanggil sejumlah saksi.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Selasa, 16 Jul 2019 17:21 WIB
Dilaporkan Garuda Indonesia, Rius Vernandes mengaku tak takut

Kapolres Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Victor Togi Tambunan membenarkan ada pelaporan dari Garuda Indonesia ke polisi terkait kasus dugaan pencemaran nama baik. Tindak pidana itu dilakukan Youtuber bernama Rius Vernandes bersama kekasihnya, Elwiyana Monica.

Victor menjelaskan, keduanya dilaporkan ke polisi setelah mengunggah foto menu kelas bisnis Garuda Indonesia yang hanya ditulis tangan lewat instastory di akun Instagram bernama @rius.vernandes. Adapun foto tersebut diunggah Rius Vernandes pada Sabtu (13/7) malam.

“Benar ada laporan dari pihak PT Garuda Indonesia,” kata Victor saat dikonfirmasi di Jakarta pada Selasa (16/7).

Menurut Victor, pihaknya saat ini tengah memproses laporan tersebut. Polisi segera memanggil sejumlah saksi. "Saat ini kasus tersebut dalam proses mengundang atau memanggil para saksi," tutur Victor.

Victor mengatakan, dirinya belum dapat memastikan akan memanggil kedua Youtuber itu untuk menjalani pemeriksaan. Selain itu, dia juga tidak menjelaskan waktu tepatnya pelaporan yang dilayangkan Garuda Indonesia.

Pangkal masalah ini bermula dari unggahan Rius di Instagram. Menu yang ditulis tangan itu disebut berada dalam penerbangan kelas bisnis Garuda Indonesia dengan rute Sydney-Denpasar.

Melalui akun resmi Twitter Garuda Indonesia, unggahan yang sempat viral itu langsung diklarifikasi. Garuda Indonesia menyatakan menu tersebut bukanlah untuk penumpang, melainkan itu catatan pribadi awak pesawat.

Menanggapi laporan itu, Rius mengaku tidak takut atas laporan yang dilayangkan Garuda Indonesia ke polisi. Pasalnya, dalam foto yang diunggahnya Rius merasa tidak bermaksud mencemarkan nama baik Garuda Indonesia. 

Sponsored

“Guys, gw sama elwi dapat panggilan dari polisi mengenai masalah ini. Kami dilaporkan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik. Gw yakin kalian tau kalau gw TIDAK ADA maksud sama sekali untuk mencemarkan nama baik siapapun,” tulis Rius dalam akun Instgram-nya.

Untuk menghadapi gugatan itu, Rius meminta dukungan kepada netizen dan sesama Youtuber. Dia berharap kasusnya bisa diselesaikan dengan cara kekeluargaan. Hanya, dia mengkritisi sikap Garuda Indonesia yang berlebihan ketika menanggapi review atas pelayanannya.

“Gw harap kalian bisa bantu share dan support gw dalam masalah ini karena gw gak mau di masa depan ketika kita review sesuatu dengan apa adanya, ketika kita memberikan kritisi yang membangun, kita bisa di pidana,” kata Rius.⁣

“Gw akan menghormati segala peraturan hukum yang ada dan akan menjalani semua ini. Gw sama sekali tidak merasa mencemarkan nama baik. Gw tidak takut. Tapi tidak ada kah cara yang lebih kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah ini?”

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Guys, gw sama elwi dapat panggilan dari polisi mengenai masalah ini. Kami di laporkan atas dugaan melakukan tindak pidana pencemaran nama baik. Gw yakin kalian tau kalau gw TIDAK ADA maksud sama sekali untuk mencemarkan nama baik siapapun. ⁣ ⁣ Gw sangat minta support kalian soal ini. Semua nya. Siapa pun. Kalian semua punya suara. Terutama teman2 influencer. Gw harap kalian bisa bantu share dan support gw dalam masalah ini karena gw gak mau di masa depan ketika kita review sesuatu dengan apa adanya, ketika kita memberikan kritisi yang membangun, kita bisa di pidana. ⁣ ⁣ Gw akan menghormati segala peraturan hukum yang ada dan akan menjalani semua ini. Gw sama sekali tidak merasa mencemarkan nama baik. Gw tidak takut. Tapi tidak ada kah cara yang lebih kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah ini?

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rius Vernandes (@rius.vernandes) pada