sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Dirut Bulog jamin harga pangan tetap stabil usai libur Lebaran

Jumlah stok beras yang tersimpan di gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia sebanyak 1 juta ton.

 Hasbie Ibnu Harris
Hasbie Ibnu Harris Selasa, 10 Mei 2022 17:05 WIB
Dirut Bulog jamin harga pangan tetap stabil usai libur Lebaran

Perum Bulog memastikan pasokan dan harga pangan seperti daging beku, gula dan komoditas lainnya tetap stabil pasca libur Lebaran 2022. Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso menyatakan, dirinya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran untuk menyiapkan stok komoditas pangan yang menjadi tanggung jawab Bulog, sehingga ketersediaannya di masyarakat tetap terjaga setelah musim Lebaran.

"Bulog menjamin kebutuhan pangan yang tersimpan saat ini di gudang-gudang kami di seluruh Indonesia selalu tersedia di masyarakat. Kami akan menggunakan seluruh instrumen yang ada untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut," kata Budi Waseso di Kantor Pusat Bulog, Jakarta, Selasa (10/5/2022).

Sebagai contoh, dia mengungkapkan, jumlah stok beras yang tersimpan di gudang-gudang Bulog seluruh Indonesia sebanyak 1 juta ton. Ini merupakan batas aman sesuai penugasan pemerintah, yaitu sebanyak 1-1,5 juta ton.

Kemudian karena masih masuk masa panen, maka angka stok tersebut masih akan terus meningkat karena Bulog masih terus menyerap hasil panen petani.

Sponsored

"Untuk komoditas utama yang kami kuasai yaitu beras jumlahnya sangat aman ada 1 juta ton. Ditambah lagi saat ini Bulog masih melakukan pengadaan gabah beras petani di seluruh Indonesia. Hingga saat ini kami sudah menyerap sebanyak 256 ribu ton. Jadi stok beras ini akan terus bertambah," ujar Budi Waseso

Budi Waseso menambahkan, pihaknya akan melaksanakan penugasan yang diberikan oleh pemerintah dengan maksimal.

Berita Lainnya